Lima Kepunahan Massal dalam Sejarah Bumi. Benarkah kita memasuki kepunahan ke-6?

Lima Kepunahan Massal dalam Sejarah Bumi. Benarkah kita memasuki kepunahan ke-6?

Planet Bumi kita memang sudah sangat tua. Berdasarkan perkiraan batuan tertua, umur planet yang kita tinggali ini sekitar 4,5 miliar tahun.

Ilmuwan dari seluruh dunia menggunakan ilmu astronomi, geologi, kimia, biologi, arkeologi dan ilmu lainnya untuk menyelidiki pembentukan bumi serta muncul serta punahnya kehidupan di Bumi.

Sekitar 13,8 miliar tahun yang lalu, sebuah ledakan besar yang kita kenal sebagai Big Bang terjadi, dan miliaran tahun kemudian, memicu pembentukan berbagai benda di alam semesta kita. Ledakan itu menghasilkan massa debu hidrogen yang padat, seperti awan; yang terbesar berubah menjadi matahari kita, sementara yang lebih kecil menjadi planet. Salah satu planet tersebut adalah Bumi kita.

Beberapa ilmuwan percaya sekitar 600 sampai 700 juta tahun kemudian, hujan meteor membombardir bumi, membawa serta sejumlah besar air dan asam amino. Hidup, dalam bentuk bakteri bersel tunggal, dimulai.

Sejak saat itu, bakteri telah berkembang menjadi bentuk yang lebih kompleks, meski berbagai makhluk kemudian menjadi punah.

Era Geologis

Ahli geologi membagi periode formasi bumi hingga masa sekarang berdasarkan pada perubahan yang terjadi pada masing-masing periode tersebut.

Kita saat ini berada di era Holosen, yang dimulai sekitar 11.700 tahun yang lalu saat Zaman Es berakhir.

Tapi baru-baru ini, sejumlah ilmuwan berpendapat bahwa karena uji coba bom nuklir tahun 1950-an dan ledakan populasi, manusia telah memasuki era baru, yang disebut Anthropocene.

Mereka berpendapat bahwa dengan populasi lebih dari tujuh miliar orang, aktivitas manusia telah secara drastis mempengaruhi alam dan kepunahan sejumlah satwa liar.

Bumi tidak asing dengan bentuk kehidupan yang hilang. Ada banyak periode kepunahan, dari saat organisme pertama muncul di Bumi hingga saat ini.

Namun, menurut catatan fosil, hanya lima era yang secara drastis mengurangi populasi mahluk hidup di bumi untuk bisa disebut kepunahan massal.

Periode kepunahan pertama

Tinggalkan Balasan