Loji, Rumah Panggung Bersejarah di Tondano
Loji, berupa rumah panggung khas Minahasa di Kelurahan Renegetan, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulut.

Loji, Rumah Panggung Bersejarah di Tondano

Loji dulunya tempat tinggal dan tempat diadakannya acara-cara penting oleh para pejabat Hindia Belanda.

Bangunan berupa rumah panggung yang disebut Loji ini terletak di Kelurahan Renegetan, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Rumah panggung yang dibangun sekitar tahun1850 ini dulunya menjadi tempat tinggal kepala distrik (konteler), sekaligus digunakan sebagai tempat diadakannya acara-acara penting oleh para pejabat Hindia Belanda.

Letak bangunan ini dekat Danau Tondano, dengan letak astronomi Lintang Selatan 010 18’ 23.5” dan Bujur Timur 1240 54’16,1” dengan ketinggian 703 mdpl (meter dari permukaan laut), dengan morfologi relatif datar.
Loji ini awalnya awalnya berada di lahan Kantor Bupati Kabupaten Minahasa saat ini. Lalu pada tahun 1979 oleh Bupati BG Lapian, bangunan tersebut dibongkar dengan alasan lahan akan dibangun kantor bupati yang baru. Loji kemudian dipindahkan ke Rinegetan.

Bangunan berbentuk empat persegi panjang, dengan ukuran 26,8 x 16,2 m2 (meter bujur sangkar) yang terbuat dari kayu ini telah beberapa dipugar. Bagian dasar bangunan di topang oleh tiang beton yang berjumlah 45 buah dan bantalan kayu yang besar berjumlah 13 buah.

Tata letak ruang Loji, terdiri dari teras depan, ruang utama, kamar, ruang makan dan teras belakang. Untuk menuju teras melewati dua tatakan anak tangga dari kayu sebanyak 18 buah, yang terletak disebelah barat dan timur bangunan.

BACA JUGA: Gempa Pernah Hancurkan Minahasa

Tinggalkan Balasan