Lokasi RS Pratama Tomohon Jauh dari Permukiman Penduduk
Jalan menuju ke tempat dibangunnya Rumah Sakit (RS) Daerah Pratama Tipe D Kota Tomohon di Kelurahan Tumatangtang, Sarongsong, Tomohon Selatan, belum seluruhnya diaspal. Lokasi rumah sakit ini berada jauh dari permukiman penduduk. (Foto: Edelweiss CT/publikreport.com)

Lokasi RS Pratama Tomohon Jauh dari Permukiman Penduduk

Dengan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Pemerintah Kota Tomohon sejak 2017, membangun Rumah Sakit (RS) Pratama Tipe D di bilangan Kelurahan Tumatangtang, Sarongsong, Jalan Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Rumah sakit pemerintah ini menambah rumah sakit di Kota Relijius Tomohon. Karena sudah berdiri Rumah Sakit Umum (RSU) Bethesda dan RSU Gunung Maria.

Kamis, 01 Maret 2018, jurnalis publikreport.com, mendatangi lokasi tempat dibangunnya rumah sakit milik pemerintah itu. Lokasinya berada di sekeliling perkebunan masyarakat dan cukup sulit dijangkau, karena jalan yang belum diaspal seluruhnya. Jalan utama ke rumah sakit itu yang sudah sebagian diaspal, medan jalannya menurun dan menanjak.

Di jalan utama menuju rumah sakit ini, nampak akan dibuat jembatan karena jalan yang menurun cukup curam.

Tiba di lokasi pembangunan rumah sakit yang jauh dari permukiman warga – setelah sebelumnya bertemu petani dan melihat sapi yang diikat di pinggir jalan – nampaklah beberapa gedung yang sudah selesai dibangun. Namun, di sekeliling belum seluruhnya dibangun pagar pembatas.

Sementara di bagian belakang rumah sakit, lahan pertanian telah mulai di jual dengan kapling-kapling.

Anggaran Rp 35 miliar