PUBLIKREPORT.com

Lombongo, Wisata Pemandian Air Panas di Gorontalo

Objek wisata pemandian mata air panas Lombongo di Gorontalo.

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN: https://publikreport.com [responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Play”]

Dari pusat kota Gorontalo menuju ke Lombongo, yakni lokasi wisata pemandian mata air panas, berjarak sekitar 19 km (kilometer) atau dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit. Lokasi ini berada di sebelah timur pusat kota Gorontalo.

Lokasi yang berbatasan dengan hutan konservasi ini memilik daya tarik tersendiri dengan air panas alami dari aktivitas geoghermal di sekitarnya.

Wisatawan yang datang ke kompleks wisata ini juga dapat menikmati hewan endemik Sulawesi, yakni burung Maleo dan berbagai pepohonan khas.

Burung maleo memiliki sifat loyal dan setia, mandiri serta memiliki produktivitas yang tinggi. Burung maleo berkembang biak dengan cara bertelur, ukurannya 6 kali lebih besar dibanding telur ayam. Istimewanya, sejak ditetaskan hingga menetas dari telur, anak burung maleo sudah hidup mandiri.

Pegiat wisata di Lombongo melakukan penyelamatan terhadap telur burung Maleo. Biasanya telur dapat ditemukan di kedalaman tanah sekitar 200 meter, lalu masyarakat sekitar melakukan tindak penyelamatan berupa konservasi sehingga telur terhindar dari serangan predator. Biasanya, masyarakat pelaku konservasi juga melakukan pelepasliaran hewan ini.

BACA JUGA: Gorontalo Bakal Milik KEK Pariwisata?

Bupati Bone Bolango, Hamim Puo, selain Burung Maleo, sebenarnya masih banyak hewan endemik yang bisa disaksikan, antaranya hiu paus, monyet Gorontalo, kuskus beruang Sulawesi, babi rusa, dan lain-lain.

Kekayaan floranya juga luar biasa. Maka kami bisa mengatakan dengan bangga bahwa Gorontalo sudah siap dikunjungi wisatawan,” ucapnya.

Wisatawan yang datang ke kompleks wisata ini juga dapat menikmati hewan endemik Sulawesi, yakni burung Maleo dan berbagai pepohonan khas. | DORANG

Read Previous

Anggaran KEK Likupang Kecil Dibandingkan 4 Destinasi Super Lainnya

Read Next

Keroyok Mahasiswa, Empat Remaja Diamankan

Leave a Reply