ilustrasi.
ilustrasi.

Macam-Macam Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi merupakan salah satu tulang punggung komputer masa kini. Setiap perangkat laptop, smartphone maupun PC (portable computer) pasti memiliki sistem operasi untuk memudahkan penggunaan sehari-hari. Terlepas dari itu, tahukah Anda terkait fungsi, peran, dan macam-macam sistem operasi? Apa sih sebenarnya pengertian sistem operasi itu? Lalu, kenapa sistem operasi seperti Windows harus dijual dalam bentuk lisensi?

Nah, untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut kebetulan pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas tentang sistem operasi yang ada di komputer. Penasaran seperti apa pembahasannya? Berikut selengkapnya.

Apa Itu Sistem Operasi?

Secara umum, pengertian sistem operasi adalah perangkat lunak (software) yang berfungsi sebagai antarmuka dan pengatur semua sumber daya pada perangkat komputer. Peran utama sistem operasi yaitu menjadi penghubung antara tiga komponen utama yang terdiri dari software (aplikasi dan program), hardware (CPU, kartu grafis, monitor, keyboard, dlll), serta brainware (pengguna/manusia).

Tanpa sistem operasi, sebuah komputer, konsol game, maupun smartphone tidak akan bisa berjalan optimal karena OS inilah yang berperan menjadi jembatan pengatur fungsi secara keseluruhan.

Fungsi Sistem Operasi

  • Sebagai Pengatur Hardware
  • Menjalankan perintah dasar pada komputer
  • Mengorganisir dan mengatur berbagai macam Aplikasi
  • Menterjemahkan bahasa pemrograman dalam bentuk grafis
  • Untuk peran komputer yang lebih optimal

Jenis Sistem Operasi Komputer

Berikut ini merupakan macam-macam sistem operasi komputer yang perlu Anda ketahui:

1. Sistem Operasi DOS

DOS bisa dibilang merupakan nenek moyang dari sistem operasi yang dimiliki oleh Microsoft saat ini. DOS yang juga merupakan singkatan dari Disk Operating System adalah awal mula metode operasi komputer yang digunakan oleh IBM.

Layaknya perangkat komputer versi terdahulu, tampilan dari DOS masih hitam putih, hanya tulisan dan tidak ada gambar yang ditayangkan. Karena masih jadul dan belum ada antarmuka, proses memasukkan intruksinya pun menggunakan tulisan yang kini kita kenal dengan istilah Command Prompt.

Leave a Reply