Daun kemangi.
Daun kemangi.

Manfaat Daun Kemangi

Daun kemangi sebutannya berbeda-beda. Contohnya, masyarakat di dataran Sunda menyebutya daun surawung. Daun kemangi biasanya digunakan sebagai bumbu untuk pepes ikan dan juga sebagai lalapan ketika menyantap ikan bakar, dan juga sambel.

Aromanya sangat khas dan sangat jarang untuk kita bandingkan dengan tumbuhan jenis lainnya. Paling mirip aroma dari daun kemangi tersebut menyerupai wangi limau.

Daun kemangi tersebut bukan hanya tumbuh di daerah Indonesia saja, dan juga bukan tumbuh di daerah seperti pegunungan saja, tapi daun kemangi ini ternyata jika kita jalan-jalan ke luar negeri seperti ke Thailand, maka kita juga dapat menjumpai tumbuhan yang satu ini.

Salah satu ciri khas dari daun atau tumbuhan kemangi tersebut, pohonnya tidak besar. Namun tumbuh dengan tegak dan bercabang-cabang. Daunnya kecil-kecil dan jika kita robek atau petik daun kemangi tersebut maka akan keluar aroma yang sangat khas. Aroma yang dikeluarkan dari daun kemangi tersebut enak dicium, seperti bau jeruk limau.

Rata-rata tinggi dari daun kemangi tumbuh hingga mencapai 100 cm. Dibeberapa daerah banyak tumbuh di depan rumah dan banyak juga yang ditanam di samping empang-empang. Daun kemangi saat tumbuh memiliki bunga yang tegak. Warna dari bunga daun kemangi agak putih.

Manfaat daun kemangi tersebut bukan hanya sebagai lalapan dan sebagai bumbu pepes ikan saja. Tapi terdapat banyak manfaat yang belum anda ketahui.

Berikut beberapa point penting yang wajib untuk anda ketahui mengenai manfaat daun kemangi yang baik untuk kesehatan anda, diantaranya:

Dengan mengkonsumsi daun kemangi ternyata dapat membantu dalam melancarkan aliran darah. Alasannya karena dalam daun kemangi terdapat magnesium yang menjadikan pembuluh darah anda menjadi lancar.

Leave a Reply