Masyarakat Menuntut Kualitas Pelayanan Publik
M Shadiq Paradigoe

Masyarakat Menuntut Kualitas Pelayanan Publik

MANOKWARI, publikreport.com – Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), M Shadiq Pasadigoe menekankan, kualitas pelayanan publik merupakan tuntutan masyarakat yang harus dijawab oleh seluruh instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah. Untuk menjawab persoalan yang banyak terjadi di daerah tersebut, maka seluruh pimpinan Perangkat Daerah (PD) harus aktif melakukan perubahan dan bersinergi satu sama lain.

“Pimpinan Perangkat Daerah dituntut aktif mendengarkan keluhan-keluhan masyarakatnya, dan secara terus menerus mencari terobosan untuk memperbaiki kinerja dan kualitas pelayanan yang dilaksanakan oleh unit kerjanya,” tegas Shadiq Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah di Manokwari, baru-baru ini.

Untuk membangun pemerintahan yang bersinergi, Shadiq meminta, semua jajaran pimpinan harus menyingkirkan ego sektoral, menghormati peran Perangkat Daerah lain dan mengedepankan kepentingan publik.

BACA JUGA: Standar Pelayanan Publik Harus Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Para pimpinan Perangkat Daerah di pemerintah daerah, menurut Shadiq, adalah ‘para menteri kecil’ yang menjadi jajaran kabinet gubernur/walikota. Dimana menjalankan sebagian tugas dan fungsi gubernur/walikota.

“Seluruh pimpinan Perangkat Daerah tidak boleh terlena dengan fasilitas kantor yang diberikan kepadanya. Tetapi harus bekerja keras mewujudkan target-target yang diberikan kepadanya,” tegasnya.

BACA JUGA: MenPANRB: Jangan Takut, Adukan Pelayanan Publik Kurang Baik