Membuat Gadogado
foto: Instagram/@merieprayatna

Membuat Gadogado

Enak, Sehat, Mudah dan Sederhana

Gado-gado adalah makanan khas Indonesia yang terdiri dari berbagai sayur-sayuran rebus kemudian dicampur dengan bumbu kacang. Biasanya sayuran-sayuran yang digunakan berupa kol, kacang panjang, kangkung, kentang, daun selada, dan banyak lainnya.

Gado-gado kerap disebut mirip seperti salad. Namun bedanya, gado-gado sering disantap dengan lontong, tahu goreng, dan telur rebus. Gado-gado juga merupakan makanan favorit banyak orang, karena terdiri dari berbagai sayuran yang begitu bernutrisi dan menyehatkan.Sayur-sayuran dari komponen gado-gado ini tidak ditumis, jadi tidak mengandung minyak.

Rasanya semakin nikmat dengan paduan sambal kacang atau bumbu kacang, membuat gado-gado begitu diminati.

Gado-gado banyak dijumpai di setiap kota. Ada beberapa macam resep bumbu gado-gado yang tersebar di Indonesia, seperti gado-gado Padang, gado-gado Betawi, gado-gado Surabaya, gado-gado Sidoarjo, hingga gado-gado spesial.

Semua jenis gado-gado ini punya perbedaan, antara lain bumbunya yang disesuaikan dengan daerah masing-masing. Misalnya saja gado-gado Padang memiliki cita rasa pedas, kemudian gado-gado Sidoarjo ada campuran petisnya.

Bagi kamu pencinta gado-gado dan ingin mencoba makan gado-gado dapat membelinya di warung kaki lima atau warung makan cita rasa Indonesia. Nah, untuk kamu yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, gampang banget loh caranya. Berikut brilio.net rangkum cara membuat gado-gado dihimpun dari berbagai sumber:

1. Gado-gado Surabaya.

Bahan:

– 1/4 kol iris tipis, rebus

– 10 helai kacang panjang potong-potong, rebus

– 1 genggam toge, rebus

– 1 buah timun potong-potong

– 1 buah tahu kotak goreng

– Tomat

– Kentang rebus

– Telur rebus

– Daun selada

– Lontong

– Emping melinjo

– Bawang goreng untuk taburan

Bahan saus:

– 100 gr kacang tanah

– 4 buah bawang putih

– 5 buah cabai kriting

– 100 gr gula merah sisir

– 4 sdm gula pasir

– 1 sdt air asam jawa

– 1/2 sdt garam (sesuai selera)

– Terasi secukupnya

– 1/2 buah kentang rebus potong kasar

– 750 ml santan sedang

– 2 sdm tepung beras cairkan bersama sedikit air

– Kecap manis secukupnya.

Tinggalkan Balasan