PUBLIKREPORT.com

Membuat Rumah Ramah Lingkungan

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN: https://publikreport.com

Menjadikan rumah lebih ramah lingkungan bisa dilakukan dengan penyesuaian tertentu. Misalnya penggunaan bahan ramah lingkungan, desain yang hemat energi, serta pemanfaatan sinar matahari.

Lingkungan saat ini sedang mengalami kerusakan. Salah cara ikut ambil bagian dalam menjaga kelestarian lingkungan adalah membuat rumah menjadi lebih ramah lingkungan. Konsep rumah ini sudah banyak diterapkan, mulai dari desain hingga bentuk bangunan rumah bisa disesuaikan agar lebih ramah lingkungan.

Rumah yang ramah lingkungan tentu menjadi lebih hemat energi lingkungan menjadi lebih asri. Dengan konsep ini rumah akan menjadi lebih nyaman untuk ditinggali. Lalu bagaimana cara membuat rumah menjadi ramah lingkungan? Berikut ini adalah caranya.

Material bangunan

Rumah yang ramah lingkungan tentu memperhatikan material bangunan yang digunakan. Anda bisa memilih material alami seperti batu bata, kayu, semen, bambu, baja, dan banyak lagi lainnya. Melakukan daur ulang pada material yang masih bisa digunakan dan tahan lama tentu menjadi salah satu pilihan bagus.

Lalu untuk material bangunan yang lebih spesifik juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Material dinding bisa memilih batu bata yang mudah menyerap panas. Material ini juga lebih tahan api serta daya serap airnya yang rendah (tidak mudah lapuk). Untuk material lantai tentu secara umum banyak menggunakan keramik. Namun untuk beberapa ruangan seperti kamar bisa menggunakan material yang lebih ramah lingkungan seperti kayu dan bambu.

Denah pada rumah

Denah rumah bisa disesuaikan dengan konsep yang lebih ramah lingkungan. Layout pada denah tentu menentukan seberapa banyak dan lokasi setiap fasilitas dan partisi lainnya di dalam rumah.

Konsep rumah dengan denah ruang terbuka tentu meminimalisir biaya konstruksi. Selain itu ruangan yang lebih terbuka memudahkan cahaya yang masuk sehingga mengurangi penggunaan energi listrik. Penataan fasilitas dan perabot di dalamnya juga akan lebih mudah dengan denah rumah yang lebih terbuka ini.

Lokasi rumah

Ketika akan membangun sebuah rumah tentu Anda harus mencari lokasi yang diinginkan. Rumah yang lebih ramah lingkungan tentu membutuhkan pengurangan penggunaan kendaraan bermotor. Oleh karena itu pilihlah rumah yang mudah diakses serta tidak begitu jauh dari fasilitas transportasi umum.

Atap rumah

Atap rumah yang hijau tentu lebih ramah lingkungan. Konsep atap ini tentu membuat rumah menjadi lebih hemat energi. Anda bisa menggunakan rumput hijau sebagai atap rumah. Selain itu sistem saluran air dari atap ini bisa disesuaikan. Jadi ketika hujan turun atap rumah dapat menyalurkan air ke sebuah penampungan, air tersebut bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan rumah.

Selain atap hijau, penggunaan panel surya menjadi salah satu pilihan yang ramah lingkungan. Panel surya menjadi salah satu energi terbarukan untuk mengubah panas matahari menjadi energi listrik yang digunakan dalam rumah. Terlebih negara Indonesia yang mendapat paparan sinar matahari selama 12 jam tentu cocok untuk konsep rumah ramah lingkungan.

Pemilihan lampu

Anda bisa menggunakan lampu yang hemat energi dan tahan lama. Contohnya menggunakan lampu CFL dan LED yang terbukti memiliki daya tahan lama daripada lampu pijar biasa. Lampu tersebut menggunakan energi yang lebih sedikit dan tentu saja menghemat penggunaan anggaran keuangan Anda. RUMAH.com | FURNIZING.com

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Lahan Tidur Dimanfaatkan

Read Next

Asisten Artis yang Tak Kalah Populer

Leave a Reply