PUBLIKREPORT.com

Mencegah Lebih Baik

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Itu judul lengkap editorial kali ini. Pandemi Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), benar-benar menjadi momok di dunia. Negara-negara besar dan kecil berupaya mencegah penyebaran virus tersebut, sekaligus berupaya menemukan vaksinnya.

Dalam upaya mencegah penyebaran dan penularan Virus Corona, tak bosan-bosannya masyarakat diimbau untuk menjaga jarak (physical distancing sebelumnya sosial distancing), selalu memakai masker, rajin mencuci tangan di air mengalir dengan sabun, tidak keluar rumah (bekerja dari rumah, belajar dari rumah bahkan beribadah dari rumah).

Imbauan-imbauan pemerintah ini sebaiknya dituruti. Sebab, angka penularan Covid-19 ini dari hari ke hari terus bertambah. Karena dengan kita disiplin mengikuti imbauan-imbauan itu pada akhirnya turut memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. Disiplin itu tentunya harus datang dari diri sendiri. Untuk apa kita meminta orang lain disiplin, sementara diri sendiri tidak disiplin alias tidak menaati imbauan-imbauan itu.

Dengan berdisiplin, artinya kita sudah melakukan pencegahan. Tidak disiplin siap-siap untuk diobati/dirawat. Ya, syukur jika sembuh. Kan lebih baik mencegah, dari pada mengobati.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pemerintah telah mengalokasikan anggaran yang luar biasa besarnya. Anggaran itu, dipakai untuk penyediaan Alat Pelindung Diri (APD), alat kesehatan (alkes) bagi rumah-rumah sakit, bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat dan lain-lain. Semoga anggaran besar dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) serta APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) itu dapat benar-benar memutus mata rantai penyebaran Covid-19, bahkan dapat menemukan vaksinnya.

Read Previous

Media Massa di Tengah Pandemi Covid-19

Read Next

Aditya Lumanauw Menangi IBL Esports Competition Seri 1

Leave a Reply