Pierre Andreas Tendean
Pierre Tendean.

Pierre Andreas Tendean

PIERRE Andreas Tendean. Tentu saja semua orang mengenalnya sebagai Pahlawan Revolusi. Pierre Andreas Tendean atau dikenal sebagai Kapten Tendean lahir pada 21 Februari 1939 di Jakarta.

Ayahnya dr AL Tendean, berdarah Minahasa yang memimpin Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tawang Semarang Jawa Tengah. Ibunya Maria Elizabeth Cornet, wanita Indonesia berdarah Perancis.

Pierre Tendean merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Kakak dan adiknya masing-masing bernama Mitze Farre dan Rooswidiati.

Pendidikan dasar menengah diselesaikan Pierre Tendean di Semarang. Ayahnya AL Tendean menginginkan Pierre Tendean mengikuti jejaknya masuk kedokteran, namun Pierre Tendean lebih tertarik dengan dunia militer.

Pierre Tendean masuk Akademi Teknik Angkatan Darat di Bandung, yang kemudian berganti nama menjadi Akademi Militer Jurusan Teknik (Akmil Jurtek). Pierre Tendean merupakan siswa yang berbakat hingga diangkat sebagai Komandan Batalion Taruna di samping sebagai Ketua Senat Korps Taruna.

Pada waktu masih taruna, Pierre Tendean pernah mendapat tugas lapangan dan dikirim memadamkan pemberontakan PRRI/Permesta di Sumatera Barat dalam kesatuan Zeni Tempur.

Tinggalkan Balasan