You are currently viewing Mengenali Kode yang Tertera pada Ban Kendaraan

Mengenali Kode yang Tertera pada Ban Kendaraan

Sebagai bagian yang penting dalam sebuah kendaraan, ban berfungsi untuk menjaga stabilitas mobil dengan mengurangi getaran akibat kondisi jalan yang tidak teratur. Juga berfungsi untuk menghindari kerusakan, meningkatkan percepatan dan memudahkan gerakan kendaraan.

Tidak semua kendaraan menggunakan ban yang sama. Masing-masing digunakan sesuai dengan sifatnya. Karena itu, pada setiap ban terdapat catatan ukuran mulai dari load index yang merupakan batasan berat beban yang bisa diterima ban hingga TWI atau indikator keausan ban.

Berikut kode-kode yang perlu Anda ketahui pada ban seperti dikutip dari keterangan resmi Humas Polres Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta :

Load index

Load index merupakan kode yang menunjukan kemampuan ban menahan beban. Kode load index bisa dilihat berurutan dengan kode ukuran ban. Misalnya ban memiliki ukuran 80/90-14 40P. Angka “40” adalah kode load index. 40 artinya, ban tersebut mampu menahan beban hingga 140 kilogram.

Jangan sampai ban digunakan melebihi kemampuannya menahan beban. Ban yang dipaksa menahan beban terlalu berat akan lebih cepat rusak dan risiko terburuknya, sewaktu-waktu ban bisa pecah.

Speed Symbol

Sama pentingnya dengan load index, speed symbol merupakan kode yang menunjukan kemampuan ban dipacu dalam kecepatan tinggi. Setelah mengetahui kemampuan ban, maka paculah sepeda motor dengan kecepatan yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan bannya.

Bisa dilihat pada huruf setelah load index. Misalnya pada kode ukuran ban ukuran 80/90-14 40P. “P” menunjukkan kecepatan. P artinya 150 km/jam maksimum kecepatan yang diizinkan dan simbol kecepatan yang paling tinggi adalah kode Y untuk kecepatan 300 Km/jam.

Bila dilanggar, misalnya melebihi 150km/jam akan sangat berbahaya karena kemampuan dan daya tahan ban telah dilewati sehingga kemungkinan ban bisa pecah mendadak dikecepatan tinggi. | OKEZONE.com

Leave a Reply