Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto saat melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara (Sulut) dan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kandou Manado, Minggu 26 Januari 2020.
Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto saat melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara (Sulut) dan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kandou Manado, Minggu 26 Januari 2020.

Menkes Pastikan Turis China ke Sulut Sehat

MANADO, publikreport.com – Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto memastikan turis asal China yang melakukan perjalanan wisata ke Sulawesi Utara (Sulut), sehat. Menurutnya Pemerintah China telah memastikan kesehatan warganya yang melakukan perjalanan keluar negeri dalam kondisi baik.

Mereka memastikan kondisi kesehatan warganya dalam keadaan baik ketika berada di negara lain. Ini adalah bagian dari hubungan dua negara (Indonesia dan China),” tegas Terawan saat melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kandou Manado, Minggu 26 Januari 2020.

“Kita semua saling percaya. Jangan sampai karena kegundahan hati, hanya karena prasangka. Waduh bagaimana nanti ekonomi kita ke depan, bagaimana hubungan negara kita?” sambungnya.

Tidak ada negara, Terawan menyatakan, yang ingin membuat negara lainnya menderita. Indonesia dan China, lanjutnya pasti tidak akan memberangkatkan warganya keluar negeri dalam sakit.

“Kita bersama-sama memastikan tidak mengizinkan ada warganya yang berangkat kalau ada tanda-tanda sakit,” tegasnya.

Masyarakat, Terawan berharap, tidak terlalu resah. Boleh resah, kalau Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta aparat kementerian/lembaga lainnya tidak siap.

“Karena itu kedatangan saya ke sini untuk men-declare apa yang terjadi, jangan terbius berita-berita yang tidak tepat, beritanya kurang pas. Kan nggak nyaman kalau dipersepsi masyarakat,” katanya.

“Kita siap semua, kita siaga, karena kita semua sayang sama bangsa dan negara. Kita perlu mengolah data atau berita yang membuat kita panik dan merugikan bangsa dan negara,” tambahnya.

BACA JUGA: Tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado, Penerjemah Ini Diisolasi ke RSUP Kandouw

BACA JUGA: Ombudsman Minta Pemerintah Keluarkan Larangan Masuk Pekerja Asal China

Kedatangannya di RSUP Kandou Manado, Terawan mengatakan, adalah untuk mengkonfirmasi apa yang terjadi serta melihat kesiapan aparat Kemenkes yang bekerja 1×24 jam. Kunjungannya ke rumah sakit ini pascapengisolasian seorang penerjemah maskapai penerbangan Lion Air, setelah melakukan perjalanan ke China.

Tadi saya lihat pasien yang diisolasi. Karena merasa tidak nyaman usai perjalanan dari China, dengan kesadaran sendiri dia langsung menghubungi rumah sakit,” jelasnya.

Leave a Reply