You are currently viewing Menko Perekonomian Diminta Percepat Pengembangan KEK Bitung dan Likupang

Menko Perekonomian Diminta Percepat Pengembangan KEK Bitung dan Likupang

Tentang KEK Bitung

KEK Bitung, Provinsi Sulut dengan luas sekitar 534 ha (hektar) diharapkan menjadi pintu gerbang ekonomi ke negara-negara di Asia Pasifik. Aksesibilitas tersebut didukung dengan adanya Pelabuhan Hub Internasional Bitung sebagai hub perdagangan bagi Kawasan Timur Indonesia. Berjarak 44 km dari Ibukota Manado, KEK Bitung yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 32 Tahun 2014, diharapkan dapat menjadi pusat pertumbuhan dan distribusi barang serta penunjang logistik di Kawasan Timur Indonesia.

KEK Bitung berbasis pada keunggulan komoditas daerah Sulut. Sebagai salah satu penghasil ikan terbesar di Indonesia, KEK Bitung fokus pada industri pengolahan perikanan untuk menghasilkan komoditi ekspor berkualitas internasional. Selain perikanan, KEK Bitung juga fokus pada industri kelapa beserta produk turunannya yang memiliki pasar yang sangat luas dan diminati baik dalam skala nasional maupun internasional.

Berdasarkan potensi wilayah dan keunggulan geostrategis, KEK Bitung diharapkan mendorong hilirisasi dan mendongkrak daya saing sektor perikanan, agro, farmasi dan diproyeksikan menarik investasi sebesar Rp32,89 triliun dan diproyeksikan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 34.710 tenaga kerja hingga tahun 2025.

Tentang KEK Likupang

KEK Pariwisata Likupang berada di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulut. Secara geoekonomi KEK ini bertumpu pada Likupang Timur yang secara geografis berdekatan dengan Bandar Udara (Bandara) International Sam Ratulangi dan Pelabuhan Samudera Bitung.

Proyeksi pemerintah hingga tahun 2020, KEK Likupang akan meraih investasi sebesar Rp5 triulin dan menyerap tenaga kerja sebanyak 65.300 orang.

Keunggulan geostrategis wilayah yang dimiliki Likupang Timur yaitu sektor pariwisata dengan tema resor (resort) dan wisata budaya (cultural tourism). Tema tersebut didukung oleh kawasan sekitar yang memiliki pantai dan dekat dengan Wallace Conservation Center. Konsep Kawasan Ekonomi Khusus Likupang akan mengembangkan resor kelas premiun dan kelas menengah (mid range resort), budaya (cultural), dan pengembangan Wallace Conservation Center.

Leave a Reply