Menpar: TIFF Terdukung KEK Likupang
Kendaraan hias (float) yang tertulis Amerika Serikat (AS/USA) pada Tournament of Flower (ToF), Kamis 08 Agustus 2019, meluncur di pusat kota Tomohon. Nampak besi tatakan (tempat) bunga yang sama sekali tidak ada bunganya. Padahal Tomohon dikampanyekan sebagai Kota Bunga. (foto: donny/publikreport.com)

Menpar: TIFF Terdukung KEK Likupang

TOMOHON, publikreport.com – Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya menyebut ajang Tomohon International Flower Festival (TIFF) akan semakin berkembang terdukung oleh pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dari segi aksesibilitas maupun promosi.

“Kapasitas Bandar Udara (Bandara) Sam Ratulangi akan diperbesar dari dua juta menjadi enam juta pertahun, pelebaran jalan dan tol agar investasi masuk ke KEK Likupang, dan adanya anjuran agar pemerintah daerah (pemda) menonjolkan kekayaan budaya dengan menggelar event pariwisata,” kata Arief saat membuka TIFF 2019, Kamis 08 Agustus 2019.

Komitmen Presiden dalam pengembangan pariwisata di Sulut, terutama KEK Likupang bukan tanpa alasan. Menurut Arief, sederet prestasi sukses membuktikan potensi pariwisata Sulut di level internasional.

“Sejumlah prestasi telah dibuktikan Sulut. Salah satunya, Sulut meraih The Rising Destination of The Year 2019 dengan Absolute Growth kunjungan wisman tahun 2015-2018 sebesar 518 persen dan wisnus sebesar 90 persen,” jelasnya.

BACA JUGA: Pelaksanaan ToF Sebaiknya Dibuatkan Tempat Khusus
BACA JUGA: ToF Sekedar Ajang Hiburan Rakyat

BACA JUGA: Tokoh Masyarakat Bicara Tentang Bunga dan TIFF

Prestasi lain yang berhasil diraih Sulut, Arief melanjutkan, antaranya Taman Nasional Bunaken memperoleh penghargaan sebagai The Most Beautiful Destination 2016 pada ajang Diving and Resort Travel Expo (DRT) dan Pulau Siladen mendapat penghargaan sebagai The Best Dive Centres and Resort in the World 2017 dan 2018 versi Dive Magazine.