You are currently viewing Menteri: Hilangkan Pungli di Jalanan
MenPAN & RB, Asman Abnur (Foto: Antara/Fikri Yusuf).

Menteri: Hilangkan Pungli di Jalanan

JAKARTA, publikreport.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Asman Abnur menyambut baik upaya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam menciptkan inovasi pelayanan publik. Asman berharap dengan sistem online tidak ada lagi praktek pungutan liar (pungli) dan transaksi antar petugas dan pengemudi.

“Kami meminta jajaran Kementerian Perhubungan segera memangkas proses-proses perizinan yang memang menyulitkan dunia usaha. Perizinan seharusnya lebih mudah, agar dunia usaha di Indonesia berkembang dan membawa dampak pada kesejahteraan masyarakat,” kata Asman saat bersama Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melaunching tiga aplikasi berbasis online, yakni Sistem Penerbitan Izin Online dan Multimoda (SPIONAM), e-Ticketing, dan e-Tilang di kawasan Thamrin-Sudirman, Jakarta, Minggu 04 Maret 2018. Ketiganya diklaim akan bisa mempermudah pengurusan perizinan terkait angkutan, pertiketan dan juga tilang.

Dalam era persaingan seperti saat ini, menurut Asman, inovasi sektor publik merupakan satu keharusan yang harus dibangun oleh seluruh instansi pemerintah. Dalam hal ini, percepatan pelayanan melalui penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi memang menjadi hal yang paling utama, terutama dalam upaya membangun kepercayaan publik.

Leave a Reply