PUBLIKREPORT.com

Cegah Covid-19, Menteri PANRB: ASN Dibolehkan Bekerja dari Rumah

Tjahjo Kumolo, Menteri PANRB.

“Melihat beberapa instansi saat ini sudah membuat kebijakan sendiri-sendiri mencermati perkembangan Covid-19 di Indonesia, saya mengimbau kepada pimpinan kementerian/lembaga dan ASN, selalu mengikuti arahan Presiden RI, Joko Widodo dan mengikuti setiap pernyataan Juru Bicara resmi Pemerintah terkait Covid-19”

Tjahjo Kumolo, Menteri PANRB.

JAKARTA, publikreport.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo mengimbau pimpinan kementerian/lembaga membolehkan Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja dari rumah. Imbauan ini akan disampaikan Senin 16 Maret 2020, melalui Sekretaris Menteri PANRB kepada Sekretaris Jenderal/Sekretaris Menteri/Sekretaris Utama Kementerian/Lembaga terkait pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Untuk mencegah penyebaran Covid-19, ASN dibolehkan bekerja dari rumah,” kata Tjahjo melalui pesan singkat yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu 15 Maret 2020.

BACA JUGA: PGRI Minta Pemerintah Liburkan Seluruh Sekolah

Kepada setiap Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), Tjahjo mengatakan, untuk menetapkan mekanisme kerja yang akuntabel yang memungkinkan pegawai bekerja dari rumah tersebut.

Berdasarkan mekanisme kerja yang ditetapkan oleh PPK, Tjahjo meminta PPK melakukan asesmen dan menetapkan siapa saja pegawai yang bisa bekerja dari rumah dan siapa saja yang tetap harus masuk kantor.

BACA JUGA: RSUP Kandou Manado Rawat Pasien Positif Covid-19
BACA JUGA: Antisipasi Covid-19, Pemkot Manado LIburkan Sekolah

Dengan pengaturan kerja seperti itu, menurut Tjahjo, tunjangan kinerja pegawai tetap dapat diberikan sesuai hak pegawai.

Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada Kabinet Kerja yang lalu itu berharap dengan adanya mekanisme ASN bekerja dari rumah, PPK dapat menjamin pelayanan publik oleh instansi tetap berjalan dengan baik, kendati langkah pencegahan penyebaran Covid-19 terus dilakukan pemerintah.

BACA JUGA: Cegah Covid-19, Kemendikbud Gandeng Swasta Siapkan Belajar Daring

“Melihat beberapa instansi saat ini sudah membuat kebijakan sendiri-sendiri mencermati perkembangan Covid-19 di Indonesia, saya mengimbau kepada pimpinan kementerian/lembaga dan ASN, selalu mengikuti arahan Presiden RI, Joko Widodo dan mengikuti setiap pernyataan Juru Bicara resmi Pemerintah terkait Covid-19,” ujarnya.

BACA JUGA: Hadapi Virus Corona, Olly: Mari Kita Berdoa Memohon kepada Tuhan
BACA JUGA: Penanganan Covid-19 Berbasis Komunitas

 

ANTARANEWS.com

Read Previous

PGRI Minta Pemerintah Liburkan Seluruh Sekolah

Read Next

PT Pelni Salurkan Ratusan Life Jacket ke 15 Kapal Pajeko

Leave a Reply