You are currently viewing Mereka Melayani Siapa?
Ilustrasi.

Mereka Melayani Siapa?

Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada instansi pemerintah. Mereka mempunyai tiga fungsi utama, yakni melakukan pelayann publik, pelaksana kebijakan pemerintah dan sebagai alat pemersatu bangsa.

Sudahkah para ASN benar-benar melayani masyarakat (publik)? Atau justru mereka melayani kepala daerah?

Fenomena saat ini para pejabat dan bawahan lebih sering mengekor sang kepala daerah, dari pada turun langsung melihat apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Mereka lebih senang ‘mendampingi’ sang ‘bos’ dalam acara-acara seremonial yang diselenggarakan mereka sendiri, atau diundang oleh instansi, lembaga lainnya.

Mereka yang berbalut seragam pelayan masyarakat larut, berlomba-lomba melayani sang ‘bos’. Mungkin tidak semua, mungkin masih ada ASN yang benar-benar mau melayani publik.

Keinginan kuat mengekor sang kepala daerah, mungkin dengan harapan mendapat promosi jabatan atau tidak tidak kehilangan jabatan (nonjob). Karena sudah menjadi rahasia umum, ASN yang ingin (masih) duduk dalam suatu jabatan atau ingin dipromosikan harus dekat dengan sang ‘bos’. Tidak dekat atau jarang terlihat ‘mendampingi’ sang ‘bos’, bisa saja yang bersangkutan kemudian dicopot dari jabatannya, atau tidak mendapatkan promosi. Sang ‘bos’ dan para pembisiknya bisa beranggapan yang bersangkutan tidak loyal kepadanya. (Apalagi sang ‘bos’ biasanya berasal dari kader/ketua salah satu partai politik).

Leave a Reply