You are currently viewing Minat Baca di Tomohon Masih Rendah
Meja baca dan buku-buku yang berjejer rapi di atas rak-rak perpustakan yang dikelola Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tomohon, yang berada di Kuranga, Kelurahan Talate II, Kecamatan Tomohon Tengah. (Foto: publikreport.com)

Minat Baca di Tomohon Masih Rendah

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Berdasarkan data pengunjung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tomohon selang tahun 2008-2017 dari 20.000 koleksi buku di perpustakaan, hanya sekitar 3.689 pustaka yang dipinjam anggota perpustakaan. Padahal tercatat anggota perpustakaan sebanyak 3.751 orang.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tomohon, Ventje Karundeng saat ditemui publikreport.com di ruang kerjanya mengatakan, perkembangan teknologi informatika yang pesat merupakan salah satu penyebab menurunnya minat baca.

“Sebagian masyarakat lebih memilih menonton atau mendengar ketimbang membaca,” jelasnya.

Guna meningkatkan minat baca masyarakat, menurut Ventje, pihaknya telah membuat program yang menjadi kegiatan rutin, seperti perpustakaan keliling yang ke sekolah-sekolah, kelurahan-kelurahan serta Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak dan Perempuan.

Leave a Reply