Wangke Karundeng, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Utara.
Wangke Karundeng, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Utara.

Minut Pertahankan Kabupaten Buah

AIRMADIDI, publikreport.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus mempertahankan slogan sebagai Kabupaten Buah.

“Selain bantuan bibit pala, tahun depan (2020) Minut juga akan mendapatkan bantuan bibit buah-buahan seperti alvokad, lengkeng, manggis dan durian,” kata Kepala Dinas (Dintan Pertanian) Kabupaten Minut, Wangke Karundeng kepada wartawan, Selasa 10 September 2019.

Bantuan-bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) ini, Wangkey menyatakan, nantinya akan disebar ke petani di sejumlah kecamatan.

“Bantuan ini untuk pengembangan hortikultura di Kabupaten Minut,” jelasnya.

Jenis tanaman hortikultura ini dipilih, menurut Wangke, karena nilai jualnya tinggi dan sangat sulit ditemui di beberapa kecamatan di Minut. “Kalau untuk mangga, pepaya dan tanaman perkebunan lainnya banyak dijual di pinggiran jalan,” ujarnya.

50 ribu bibit pala

Diketahui, sebelumnya, Wangke mengungkapkan, Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementan akan memberikan bantuan sebanyak 50 ribu bibit pala untuk 500 hektar (ha) lahan di MInut.

“Satu hektar bisa ditanam 100 bibit pohon, sehingga jika dikalikan 500 Hektar ni bisa mencapai 50 ribu bibit pohon,” kata Wangkey, Jumat 06 September 20109.

Leave a Reply