Ilustrasi.
Ilustrasi.

Mobil Jarang Dipakai, Ini 7 Tips Merawat Mobil Agar Tetap Prima

Memasuki pekan kedua Work From Home (WFH) seiring himbauan Pemerintah Indonesia untuk beraktivitas di rumah karena ancaman Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), membuat kendaraan bermotor sering terparkir. Sejumlah hal buruk bisa berdampak pada kendaraan bermotor. Manager Service Departemen Head Astra Isuzu, Anjar Kisworo, memberikan beberapa tips merawat mobil untuk menghindari masalah akibat mesin jarang dinyalakan.

1. Accu Soak (Aki Soak)

Saat mobil berhenti, berarti accu tidak di-recharge dan saat itu pula akan terjadi penurunan cadangan listrik meskipun sistem kelistrikan pada mobil dalam kondisi off. Begitu pula yang terjadi pada sistem kelistrikan dalam posisi on, seperti sistem alarm misalnya.

Penurunan cadangan listrik ini berbeda-beda kondisinya tergantung pada umur dan kualitas accu. Semakin tua umur accu akan semakin mudah kehilangan daya simpan tenaga listrik.

Tipsnya, hidupkan mesin setiap hari tanpa perlu menghidupkan sistem kelistrikan yang lain sekitar 10-15 menit. Waktunya bisa lebih atau kurang tergantung kondisi. Sesekali jalankan mobil untuk pengisian accu yang lebih maksimal. Sambil membeli keperluan sehari-hari misalnya.

2. Mesin kasar ketika mesin pertama kali dihidupkan.

Ketika mesin tidak dihidupkan dalam waktu yang lama maka oli atau pelumasan akan turun ke penampungan sehingga pelumasan bagian atas berkurang.

Tipsnya, mesin dapat dinyalakan secara rutin (minimal 1 hari sekali) dan jangan memainkan pedal gas saat mesin pertama kali dinyalakan.

Leave a Reply