Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari?
Ilustrasi.

Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari?

Cek Komponen Berikut

Memiliki kendaraan pribadi memang pilihan yang tepat untuk sahabat yang mempunyai mobilitas yang tinggi. Namun dengan adanya kendaraan pribadi, tentunya harus sudah siap dengan segala permasalahan yang timbul sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi. Kendaraan yang sering digunakan dan minim perawatan biasanya akan lebih sering bermasalah. Dan permasalahan pada mobil biasanya bermacam-macam seperti halnya ban bocor, kehabisan bensin, atau mungkin tiba-tiba mesin mobil susah hidup saat pagi hari.

Mungkin dari beberapa sahabat Garasi pasti pernah dibuat kesal ketika mobil susah hidup di pagi hari saat di starter. Ditambah lagi ketika tergesa-gesa akan pergi ke kantor. Masalah ini memang kerap terjadi pada sebagian besar pemilik mobil. Biasanya mobil-mobil yang jarang diservis mengalami hal demikian. Alih-alih ingin berangkat pagi, justru terlambat dikarenakan mobil yang gunakan susah dihidupkan. Lantas apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya?

Perhatikan beberapa hal berikut ini:

Pada umumnya, masalah mobil susah hidup di pagi hari terjadi pada mesin bensin yang masih menggunakan sistem karburator. Namun demikian tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada mesin diesel maupun mesin bensin injeksi. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Tegangan Baterai/ Aki Kurang

Penyebab pertama mobil susah hidup di pagi hari disebabkan oleh motor starter yang sudah lemah. Ketika di start, motor starter tidak mau berputar atau hanya berputar pelan, besar kemungkinan disebabkan oleh tegangan baterai. Untuk mengetahui secara pastinya bisa mengukurnya menggunakan voltmeter atau multimeter. Biasanya aki atau baterai yang sudah lemah akan mengalami hal demikian. Jika memang benar masalahnya pada baterai, masih bisa menghidupkan mesin mobil dengan cara mendorongnya.

Busi Bermasalah

Penyebab kedua mobil susah hidup di pagi hari disebabkan oleh busi yang bermasalah atau kotor. Apabila busi bermasalah seperti kotor atau celahnya terlalu besar atau terlalu rapat bisa juga menyebabkan mesin mobil sulit di starter. Cara mengeceknya tentu harus melepas busi dan perhatikan apakah busi tersebut kotor.

Tinggalkan Balasan