Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Novly Wowiling melakukan panen dan pencanangan tanam padi di lahan sekitar 125 hektar (ha) di Dumoga, belum lama ini.
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Novly Wowiling melakukan panen dan pencanangan tanam padi di lahan sekitar 125 hektar (ha) di Dumoga, belum lama ini.

Musim Kemarau, Sulut Terus Panen dan Menanam

MANADO, publikreport.com – Kendati musim kemarau terus melanda bumi Nyiur Melambai, dan sekitarnya, namun ternyata Sulawesi Utara (Sulut) masih melakukan panen dan menanam. Hal ini, menurut Hubungan Masyarakat (Humas) Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian ((Balibangtan) Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTIP) Sulut, Arnold C Turang, terlihat liputan para penyuluh pertanian di lapangan yang memposting di media sosial (medsos), seperti facebook, instagram, twitter dan grup whatsApp (WA).

Salah satu Petugas Pertanian Lapangan (PPL), Monica Gumansalangi mendampingi petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Makataraya, Kelurahan Makatara Timur, Kecamatan Beo Utara, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulut, melakukan panen bawang merah.

Petani disini ingin sekali tanam bawang merah, maka saya membelikan varietas lokal bawang merah, yakni lansuna di Pasar Bersehati Manado,” ucapnya.

Menyikapi daerah yang mulai kekurangan air, PPL di Dumoga Utara, Sri Kasman mengajurkan petani untuk melakukan penanaman tanaman hortikultura, seperti tomat, mentimun, cabe dan lainnya.

Ada beberapa tempat, masing-masing satu hektar yang ditanami. Selain menanam ada juga tanaman yang tinggal dirawat dan difasilitasi airnya,” ujarnya.

Panen berbagai komoditi, seperti cabe, bawang, jagung dan pagi juga dilakukan daerah-daerah lain di Sulut. “Bukan hanya panen, tapi terus melakukan penanaman meski dalam cengkeraman panas,” kata Arnold.

Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Utara (Sulut), Dr Yusuf mengakui apabila Sulut saat ini memang sedang melakukan panen untuk tanaman pangan dan sebagian hortikultura.

Kondisi panas saat ini harus kita cermati, menangkap perubahan iklim dan memanfaatkanya. Karena bila kita tidak menangkap dan memanfaatkannya perubahan akan memanfaatkan kita,” kata Yusuf saat menghadiri panen bawang merah varietas lansuna dan brebes di Kabupaten Minahasa Utara belum lama ini.

Leave a Reply