PUBLIKREPORT.com

New Normal di Zona Merah

Ilustrasi.

Ilustrasi.

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN:

Terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 (AKB M2PA Covid-19), Selasa 23 Juni 2020, menandai Sulut memasuki era New Normal.

Disisi lain, data/angka Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) sebagaimana setiap hari diumumkan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Provinsi Sulut, terus bertambah dari hari ke hari. Data Covid-19 di Sulut per Kamis 25 Juni 2020, tercatat sebanyak 928 kasus positif, Pasien Dalam Perawatan (PDP) sebanyak 323 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 234.

Angka kasus Covid-19 yang mendekati seribu menandakan Provinsi Sulut dan beberapa daerahnya (kabupaten/kota) masih berstatus Zona Merah. Kecuali Kabupaten Kepulauan Sitaro (Siau, Tagulandang, Biaro) yang hingga Kamis 25 Juni 2020, tidak ada kasus positif Covid-19, hanya mengoleksi 1 PDP dan 1 ODP.

Pemberlakukan New Normal dibalik tingginya angka Covid-19 ini, seluruh elemen diminta patuh menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19, yang sederhananya rajin mencuci tangan, jika keluar rumah harus memakai masker dan selalu menjaga jarak (physical distancing).

Karena penyebaran Covid-19 di Sulut, sebagaimana dilansir Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Provinsi Sulut, Steaven P Dandel pada konferensi pers, 23 Juni 2020, malam, didominasi transmisi lokal, kemudian kasus dari orang yang melakukan perjalanan keluar negeri maupun dalam negeri.

Masyarakat maupun elemen lain sudah akan beraktivitas di era New Normal ini harus patuh pada Protokol Kesehatan Covid-19.

Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 didalamnya aparatur penegak hukum juga harus tegas mengawasi dan mengingatkan kepada mereka yang lalai menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19, jika perlu dilakukan tindakan tegas. Sebab setiap manusia harus diselamatkan, dihindarkan dari bahaya yang menjurus pada kematian. ***

 

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Lahendong, Kampung Tangguh di Tomohon

Read Next

AKBP Brury Jabat Dansat Brimob Polda Sulut