ODSK Kerahkan Puluhan Truk Bersihkan Sampah di Manado
Pengangkutan sampah di Kota Manado oleh ASN dan THL lingkup Pemerintah Provinsi Sulut.

ODSK Kerahkan Puluhan Truk Bersihkan Sampah di Manado

MANADO, publikreport.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengerahkan setidaknya 50 truk untuk mengangkut sampah yang bertebaran di Kota Manado. Tumpukan sampah, seperti sampah rumah tangga maupun sampah akibat bencana diangkut dan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kulo, Kabupaten Minahasa.

Dinas Lingkungan Hidup (DinLH) Provinsi Sulut menyebut diperkirakan sebanyak 1.000 ton sampah yang akan diangkut. Pengangkutan sampah berlangsung selama dua hari, yakni Jumat 05 Februari 2021 dan Sabtu 06 Februari 2021, dengan melibatkan seluruh Aparatus Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Sulut.

Guna mengatasi permasalahan sampah di Kota Manado, Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey mengakut telah menyiapkan solusi jangka panjang, yakni dengan pembangunan TPA Regional Mamitarang di Desa Iloilo, Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Dibangunnya TPA Mamitarang menyusul daya tampung TPA Sumompo yang terbatas.

Ratusan miliaran dianggarkan untuk pembangunan TPA Regional Mamitarang. TPA ini diperkirakan akan selesai pada Desember 2021. TPA ini akan menampung sampah dari Kota Manado, Minahasa, Minut dan Bitung.

Target waktu yang ditentukan itu, Olly mengatakan, akan terealisasi jika sinergitas pemerintah daerah (kabupaten/kota) berjalan dengan baik dan lancar.

“Perlu sinergitas agar permasalahan sampah bisa cepat teratasi,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan