Olly Lobi Penambahan Guru dan Nakes

Olly Lobi Penambahan Guru dan Nakes
Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo disambut Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey, saat melakukan kunjungan kerja ke Sulut, Senin 12 April 2021.

MANADO, publikreportcom – Kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo yang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Sulawesi Utara (Sulut), Senin 12 April 2021, Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey mengungkapkan tentang kurangnya guru ASN (Aparatur Sipil Negara) dan tenaga kesehatan (nakes).

Sektor pendidikan di Sulut, Olly mengatakan, mengalami kekurangan guru ASN. Oleh karena itu kiranya dapat dibuka formasi bagi ASN guru.

“Kami sangat mengharapkan agar supaya para THL (Tenaga Harian Lepas) yang ada di kabupaten dan kota baik Guru Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) diikutsertakan dalam program perekrutan guru,” ungkap Olly kepada Tjahjo Kumolo.

Dengan adanya tenaga pendidik, Olly menjelaskan, maka kualitas pendidikan yang ada di Sulut khususnya di kepulauan dan perbatasan dapat terpenuhi.

“Dalam rangka meningkatkan pendidikan kita di daerah-daerah perbatasan apalagi di Talaud, Sangihe, Sitaro (Siau, Tagulandang, Biaro) dan di Bolmong (Bolaang Mongondow),” jelasnya.

Mengenai tenaga kesehatan, Olly mengatakan, Sulut menjadi tempat yang strategis untuk mensuplai kebutuhan tenaga kesehatan ke Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Maluku Utara (Malut). Untuk itu, dirinya berharap ada perekrutan ASN bidang kesehatan.

“Kita memang masih kekurangan tenaga kesehatan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan. Kami juga meminta formasi dalam rangka peningkatan tenaga kesehatan di Provinsi Sulut,” bebernya.

Mengenai penambahan guru dan tenaga kesehatan di Sulut ini, Tjahjo Kumolo menanggapi positif apa yang disampaikan Olly.

“Sudah ditampung,” katanya.