Operasi Celah Bibir dan Langit-langit Gratis
Smile Train Indonesia bekerja sama dengan RS Hermina Manado dan AMSI Wilayah Sulut melakukan operasi celah bibir dan langit-langit gratis bagi 25 pasien yang mendaftar.

Operasi Celah Bibir dan Langit-langit Gratis

MANADO, publikreport.com – Smile Train Indonesia, sebagai badan amal internasional khusus anak-anak, bersama dengan mitra medisnya, Yayasan Sekar Lintas Nusantara, melakukan bakti sosial (baksos) berupa operasi celah bibir dan langit-langit gratis kepada 25 pasien yang mendaftar.

Kegiatan berlangsung dua hari, Jumat-Sabtu 09-10 April 2021, di Rumah Sakit (RS) Hermina Manado, bekerja sama dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Sulawesi Utara (Sulut)

Bakti sosial ini melibatkan tiga dokter bedah plastik, dua dokter spesialis anestesi dan tiga perawat yang kesemuanya dari Malang, Provinsi Jawa Timur (Jatim) dibantu tim medis RS Hermina Manado.

Operasi celah bibir dan langit-langit ini bersifat gratis sepenuhnya alias pasien tidak diminta biaya sepeserpun.

“Kami berharap bakti sosial operasi celah bibir dan langit-langit ini berlangsung secara reguler dan berkelanjutan di Manado, sehingga pasien-pasein tidak menunggu waktu lalu untuk mendapatkan senyuman baru yang diharapkan,” kata Program Director Smile Train Indonesia, Ruth Monalisa, Kamis 08 April 2021.

Smile Train Indonesia, Ruth mengatakan, sudah hadir di Sulut sejak 2008.

“Sampai dengan saat ini lebih dari 1.300 operasi celah bibir dan langit-langit sudah dilakukan bersama dengan mitra-mitra Smile Train Indonesia,” ungkapnya.

Secara khusus kepada mitra medis Smile Train Indonesia, yakni RS Hermina dan AMSI Wilayah Sulut, Ruth mengucapkan terima kasih, karena telah berkenan bergotong royong membantu anak-anak sumbing, sehingga bakti sosial terlaksana.

“Kami juga berharap masyarakat dapat bantu menginformasikan program operasi sumbing gratis Smile Train seluas mungkin. Bisa menghubungi via media sosial (medsos) kami seperti Facebook Smile Train Indonesia atau kontak pekerja sosial kami untuk mendaftar,” harapnya.

Dengan model pendekatan yang berkelanjutan, Ruth menjelaskan, Smile Train Indonesia tak hanya sekedar memberikan operasi gratis, namun secara aktif memberikan perawatan menyeluruh kepada anak-anak dengan celah bibir dan langit-langit.