PUBLIKREPORT.com

Opster, TNI Buka/Rintis Jalan di Siau Timur

Pembangunan jalan ini sangat penting karena berfungsi sebagai jalan alternatif yang menghubungkan jalur menuju bandar udara (bandara) Pihise, dan kaitannya dengan mobilitas tidak mengganggu permukiman masyarakat”

Letkol (Inf) Rachmad Christanto, Dandim 1301/Sangihe.

SITARO, publikreport.com – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1301/Sangihe, Letnan Kolonel (Letkol) Infantri (Inf) Rachmad Christanto menjelaskan, Operasi Teritorial (Opster) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun Anggaran (TA) 2020 di wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 1301/Sangihe, adalah perintisan jalan sepanjang 846 meter dengan lebar 10 meter di Desa Balirangen, Kecamatan Siau Timur, Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Opster juga bertujuan memelihara dan mempererat sinergitas TNI dengan masyarakat.

Pembangunan jalan ini sangat penting karena berfungsi sebagai jalan alternatif yang menghubungkan jalur menuju bandar udara (bandara) Pihise, dan kaitannya dengan mobilitas tidak mengganggu permukiman masyarakat,” kata Rachmad saat membuka kegiatan Opster di Lapangan Sepak Bola, Kelurahan Akesimbeka, Kecamatan Siau Timur. Dalam kesempatan tersebut, Racmad menandatangani berita acara penyerahan kegiatan Opster TA 2020 yang kemudian diserahkan kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kepulauan Sitaro, Herry Bogar.

Saya menghaturkan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak Sekda Herry Bogar, sudah mewakili Pemkab Kepulauan Sitaro yang telah melaksanakan pendampingan dalam kegiatan Opster ini,” tuturnya.

Opster ini, Racmad melanjutkan, juga akan melakukan perbaikan 18 unit rumah tidak layak huni (RTLH) serta 4 rumah ibadah.

Opster ini dimulai Rabu 01 April 2020,” ujarnya.

BACA JUGA: Babinsa Bantu Warga Bangun Masjid

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, menurut Sekdakab Kepulauan Sitaro, Herry Bogar, sangat mendukung penuh pelaksanaan Opster TNI TA 2020 dengan mengalokasikan anggaran penyiapan jalan alternatif menuju Bandara Pihise.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI dalam hal ini Kodim 1301/Sangihe dalam upaya perintisan jalan, perbaikan rumah dan tempat Ibadah. Tentunya dengan harapan agar masyarakat lebih sejahtera dan TNI lebih bersinergi dengan rakyat,” ucapnya, seraya berharap sinergitas Kodim dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro dapat terus terjalin dalam menopang pembangunan.

BACA JUGA: Covid-19, Dandim: Pelabuhan dan Bandara, Titik Rawan

Hadir pada kegiatan ini, antaranya Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sitaro, AKBP Hansjen Ratag, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sitaro, Indra Purukan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sitaro, Samuel Raule, Kepala Bidang Bina Marga, Shanti Kalangit, Camat Siau Timur, F Paponah, Camat Siau Timur Selatan, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Siau Timur, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Mardi F Tumandung, Ketua Resort Sinode GMIST (Gereja Masehi Injili di Sangihe Talaud) Siau Timur, Pendeta R B Paponah STh, Lurah Akesimbeka, Retman Madundang, Kapitalaung Balirangen, Arter Antameng, dan Anggota Kodim 1301/Sangihe.

 

VERRY BAWOLEH

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Covid-19, Ini Arahan Presiden Soal Bansos Bagi Masyarakat

Read Next

Covid-19, Bupati Minut Rapat Bersama Forkopimda

Leave a Reply