Palapa Ring Diresmikan, Sahidan Mengaku Pendapatan Meningkat
Proyek Palapa Ring.

Palapa Ring Diresmikan, Sahidan Mengaku Pendapatan Meningkat

JAKARTA, publikreport.com – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), Senin 14 Oktober 2019, meresmikan beroperasinya Palapa Ring Timur yang dibangun sejak 2019, lalu. Paket Palapa Ring Timur melengkapi jaringan tulang punggung internet nasional Palapa Ring yang telah lebih dulu beroperasi dan dinikmati masyarakat sejak tahun 2018, yaitu paket Palapa Ring Barat dan Tengah.

Jokowi yang didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, melakukan videoconference dari Istana Negara dengan para pejabat pemerintah daerah (pemda) di Sorong, Provinsi Papua Barat, Merauke, Provinsi Papua, Rote, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabang, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Penajam, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Bupati Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Elisa Kambu, menyampaikan rasa syukur karena berkat adanya jaringan internet cepat di Agats, ibukota Kabupaten Asmat, wilayahnya dapat turut berperan dalam era digital. Penyelenggaraan pemerintahan dan ekonomi secara online meningkatkan kecepatan layanan masyarakat.

Agats telah menikmati jaringan Palapa Ring Timur sejak Agustus 2019. Internet yang disediakan pemerintah juga sudah dinikmati di sekolah-sekolah dan Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarkat) di daerah tersebut.

Terima kasih pak presiden telah menghadirkan internet cepat Palapa Ring di Kabupaten Asmat,” ucapnya.

Salah satu warga, Sahidan (41) yang sehari-hari berprofesi sebagai nelayan di Selat Lampa, Natuna mengaku dirinya menjadi nelayan sudah 23 tahun. Dan sekitar dua tahun terakhir pendapatan dari hasil menangkap ikan meningkat.

Sejak Palapa Ring Barat beroperasi awal 2018, Sahidan menggunakan internet untuk memanfaatkan aplikasi Nelayan Nusantara yang membantunya untuk mengetahui posisi ikan dan sekaligus memperjualbelikan hasil tangkapannya secara online.

BACA JUGA: LAPOR! Jangkau Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Natuna, Zainuddin, juga mengamini manfaat dari pengoperasian jaringan serat optik Palapa Ring Barat. Manfaat lain dari Palapa Ring Barat, yaitu bahwa dengan adanya sinyal seluler, nelayan setempat dapat tetap berkomunikasi ke daratan saat menangkap ikan hingga ratusan mil ke laut, sehingga selalu dapat berkomunikasi dengan darat bila terjadi sesuatu. | DORANG

Tinggalkan Balasan