Palsukan Uang, Karyawan Ini Ditangkap
JB alias Jun (25), warga Melonguane Barat ditangkap Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Resort (Polres) Talaud di rumahnya.

Palsukan Uang, Karyawan Ini Ditangkap

KRIMINALITAS

TALAUD, publikreport.com – JB alias Jun (25), warga Melonguane Barat ditangkap Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Resort (Polres) Talaud di rumahnya. Penangkapan terhadap Jun yang tercatat sebagai karyawan salah satu finance, karena dirinya diduga telah melakukan tindak pidana pemalsuan uang senilai Rp650 ribu.

“Pelaku menggandakan uang palsu dengan menggunakan kertas HVS yang diprint warna. Uang yang dipalsukan terdiri atas pecahan Rp100 ribu sebanyak 2 l embar dan pecahan Rp50 ribu sebanyak 9 lembar,” jelas Kepala Unit (Kanit) IV Reskrim Polres Talaud, Inspektur Dua (Ipda) Dedi Matahari, Selasa 06 Februari 2018.

Terungkapnya kasus ini, menurut Dedi, ketika anggota Satuan Reskrim mendapatkan uang palsu dari masyarakat senilai Rp100 ribu. Hal ini kemudian dikembangkan. Dari hasil pengembangan diduga Jun yang merupakan karyawan finance telah memalsukanuang dan menukarkannya dengan uang asli di laci meja salah satu staf surveyor di kantornya.

“Itu dilakukannya sejak 16 Januari 2018,” ungkapnya.

BACA JUGA: BKPP: Pemalsu Tandatangan Bupati, Oknum ASN Perempuan

BACA JUGA: Dugaan Pemalsuan Tanda Tangan, Kasat: Kita Proses…

BACA JUGA: Ancaman Hukuman Buat Pengguna Ijazah Palsu

BACA JUGA: Jerat Hukum Untuk Pelaku Pemalsuan Tanda Tangan

Staf finance baru mengetahui uang palsu di laci mejanya pada 19 Januari 2018. Dia kemudian melapor kepada pimpinannya dan diteruskan ke kepolisian.

Penangkapan dilakukan kepolisian pada Jumat 27 Januari 2018 malam.

Kapolres Talaud, AKBP M Denny I Situmorang sangat menyayangkan aksi yang dilakukan tersangka. “Ini perbuatan yang sangat meresahkan masyarakat. Pelaku melanggar Pasal 36 UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dengan ancaman hukuman selama 10 tahun dan denda sebesar Rp10 miliar,” katanya. | ALFIAN TEDDY

Tinggalkan Balasan