You are currently viewing Pancasila Senjata Ampuh Atasi Persoalan Bangsa
Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila, Selasa 01 Juni 2021, berlangsung secara virtual, dipimpin Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Kepresidenan Bogor dan diikuti sejumlah pejabat, ASN dan guru di Kota Tomohon, Provinsi Sulut.

Pancasila Senjata Ampuh Atasi Persoalan Bangsa

JAKARTA, PUBLIKREPORTcom – Pancasila sebagai falsafah hidup Bangsa Indonesia merupakan senjata ampuh untuk mengatasi berbagai persoalan bangsa.

Hal ini ditegaskan, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dalam peringatan Hari Lahir Pancasila, Selasa 01 Juni 2021.

“Pancasila sebagai ideologi yang hidup di bangsa ini, yang tumbuh dan berkembang dari bangsanya selalu terbukti menjadi penyelesai berbagai persoalan bangsa Indonesia,” tegas Pramono.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, Pramono menyatakan, juga telah diterapkan dalam kehidupan bangsa Indonesia.

“Kita tahu bahwa masyarakat Indonesia telah terbukti, berbagai individu, mereka menerapkan Pancasila dalam kehidupan keseharian. Nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan dan kesatuan, musyawarah mufakat, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah inti dan sejatinya dari Pancasila,” tuturnya.

Begitu juga, Pramono melanjutkan, di kala Bangsa Indonesia berjuang untuk mengatasi dan bangkit dari pandemi saat ini. Semangat gotong royong yang ditunjukkan segenap komponen bangsa adalah wujud dari pengamalan nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Salah satu makna yang penting dan terpenting dalam Pancasila ketika menghadapi Covid-19 (Coronavirus Diesase 2019) adalah gotong royong. Dengan gotong royong kita melihat bangsa Indonesia menyelesaikan banyak hal, termasuk menyelesaikan persoalan Covid-19,” jelasnya.

Seluruh Bangsa Indonesia, Pramono mengajak untuk tetap konsisten dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila.

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari kita menerapkan Pancasila dalam semua lini kehidupan demi kemajuan bangsa dan negara. Merdeka!” serunya.

BACA JUGA: Sejarah Terciptanya Pancasila

Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila, Selasa 01 Juni 2021, dipimpin Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) dari di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (Jabar). Jokowi sebagai inspektur upacara (irup) nampak mengenakan pakaian adat dari Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel) dilengkapi dengan masker bewarna hitam.

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 mengusung tema ‘Pancasila dalam tindakan bersatu untuk Indonesia tangguh’.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini yang dilaksanakan secara virtual diikuti para pimpinan lembaga negara, Menteri Kabinet Indonesia Maju, lembaga pemerintahan non kementerian, kepala daerah hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) diberbagai daerah. | VERONICA DSK

Leave a Reply