Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut), Inspektur Jenderal (Irjen) Royke Lumowa menyematkan pita operasi berwarna kuning pada apel gelar pasukan Operasi Aman Nusa II di halaman belakang Mapolda Sulut, Senin 23 Maret 2020.
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut), Inspektur Jenderal (Irjen) Royke Lumowa menyematkan pita operasi berwarna kuning pada apel gelar pasukan Operasi Aman Nusa II di halaman belakang Mapolda Sulut, Senin 23 Maret 2020.

Pandemi Covid-19, Operasi Aman Nusa II Digelar

MANADO, publikreport.com – Operasi Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) bersandikan Aman Nusa-II dimulai. Operasi ini guna mencegah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Ini sudah merupakan bencana nasional, maka kami melakukan operasi kepolisian ini. Yang kita kedepankan adalah pencegahan, membantu pemerintah daerah melakukan pencegahan, juga termasuk mungkin pengobatan,” jelas Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulut, Inspektur Jenderal (Irjen) Royke Lumowa usai apel gelar pasukan Operasi Aman Nusa II di halaman belakang Mapolda Sulut, Senin 23 Maret 2020.

Satuan Tugas (Satgas) Operasi ini, menurut Royke nantinya akan melaksanakan beberapa tugas pokok, diantaranya mengimbau masyarakat membatasi diri dari interaksi sosial, keramaian, hingga kegiatan keagamaan. Satgas ini juga berpatroli di wilayah rawan penyebaran, melakukan pengawasan dengan alat pengukur suhu panas tubuh, sterilisasi, menyemprotkan cairan disinfektan di lokasi keramaian, pusat kegiatan perekonomian, keagamaan serta pengamanan di lokasi rawan.

Selain itu, Satgas juga akan menindak tegas pelaku kejahatan seperti penjarahan, perampokan, pencurian dan lain-lain, termasuk pelaku penimbunan bahan makanan dan sarana kesehatan.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sulut, Komisaris Besar (Kombes) Jules Abraham Abast, menambahkan, Satgas akan melakukan penindakan terhadap penyebaran hoaks terkait Covid-19.

Satgas ini akan melaksanakan tugasnya selama 30 hari ke depan,” tambahnya.

Gelar pasukan sekaligus apel pagi ini turut dihadiri Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulut, Brigadir Jenderal (Brigjen) Tabana Bangun. Apel gelar pasukanb ini ditandai dengan penyematan pita operasi berwarna kuning oleh Kapolda Sulut, Irjen Royke Lumowa, kepada perwakilan personil.

BACA JUGA: Lawan Covid-19, Polda Sulut Bentuk Satgas Aman Nusa II

TNI/Polri kembali sterilkan sejumlah tempat ibadah

Jajaran TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan Polri (Kepolisian Negara Republik Indonesia) kembali bersinergi melakukan upaya pencegahan Covid-19, salah satunya melalui penyemprotan cairan disinfektan di tempat-tempat ibadah di Manado, Senin 23 Maret 2020. Sebelumnya pada Minggu 22 Maret 2020, penyemprotan serupa juga telah dilakukan oleh jajaran TNI/Polri disejumlah gereja di Kota Manado.

Terpantau, penyemprotan pada Senin pagi dilakukan di Masjid An-Nur Teling, Masjid Raya Ahmad Yani, Klenteng di pusat kota Manado, serta Pura Jagadhita Taas.

Leave a Reply