Pandemi Covid-19, Perlengkapan yang Wajib Dipakai Pengendara Motor
Ilustrasi.

Pandemi Covid-19, Perlengkapan yang Wajib Dipakai Pengendara Motor

Pemerintah telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Salah satunya mengatur pengendara sepeda motor saat bepergian ke luar rumah.

Perlengkapan apa saja yang wajib digunakan pengendara motor? Masker dan sarung tangan merupakan perlengkapan yang wajib digunakan pengendara motor. Jika tidak menggunakan masker pengedara tidak boleh melanjutkan perjalanan atau kembali ke rumah.

“Sebelum Covid-19 melanda Indonesia, setiap pengendara motor memang wajib memakai masker dan sarung tangan. Karena itu merupakan bagian dari safety riding,” kata Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana, saat dihubungi iNews.id, Selasa 14 April 2020.

Dia menjelaskan penggunaan masker saat mengendarai sepeda motor berfungsi untuk mencegah masuknya debu dan kotoran ke hidung maupun mulut. Sementara sarung tangan, untuk meminimalisir luka berat jika terjadi kecelakaan.

“Pakai masker supaya debu, kotoran (virus bakteri) masuk ke paru-paru melalui hidung. Kalau sarung tangan untuk melindungi dan meminimalisir luka berat kalau kecelakaan,” ujar Sony.

BACA JUGA: Mobil Jarang Dipakai, Ini 7 Tips Merawat Mobil Agar Tetap Prima

Dia menyarankan pengendara motor memakai masker medis. Namun, karena masker ini langka dan hanya digunakan untuk tim kesehatan, bisa pakai masker berbahan kain atau bugg yang biasa digunakan.

“Boleh saja pakai masker medis, tapi lebih baik pakai yang berbahan kain. Karena masker medis sekarang lebih penting dipakai untuk tim kesehatan yanh merawat pasien Covid-19,” ujarnya.

Dirlantas Polda Metro Jaya pun menghimbau masyarakat selalu memakai masker dan sarung tangan saat mengendarai sepeda motor, serta tidak berboncengan.

“Di dalam Pergub (Peraturan Gubernur) Nomor 33 Tahun 2020 disebutkan, selama pandemi Covid-19, setiap pengemudi sepeda motor, wajib menggunakan sarung tangan dan masker,” kata Dirlantas (Direktur Lalu Lintas) Polda (Kepolisian Daerah) Metro Jaya (Jakarta Raya), Kombes (Komisaris Besar) Sambodo Purnomo Yogo. | INEWS.id

Tinggalkan Balasan