Parpol Terima Bantuan Keuangan dari Pemerintah
Peserta sosialisasi bantuan keuangan kepada parpol di Kota Tomohon yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tomohon, Rabu, 10 Oktober 2018.

Parpol Terima Bantuan Keuangan dari Pemerintah

TOMOHON, publikreport.com – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tomohon, Theodorus Paat menjelaskan, acuan pemberian bantuan keuangan dari pemerintah kepada partai politik (parpol) adalah peraturan perundang-undangan dan pedoman tata cara penghitungan, penganggaran dalam APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah), pengajuan, penyaluran dan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan.

“Semuanya itu diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 2 tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 83 tahun 2012,” kata Theo pada sosialisasi bantuan keuangan kepada parpol Kota Tomohon, Rabu, 10 Oktober 2018.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota (Setdakot) Tomohon, Octavianus DS ‘Boy’ Mandagi mengatakan, sosialisasi dilaksanakan sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mewujudkan tertib pertanggungjawaban bantuan keuangan partai politik kini dan masa mendatang.

Partai politik dalam menjalankan peran dan fungsinya, Boy menjelaskan, mempunyai hak dan kewajiban sebagaimana diatur dalam peraturan perundang undangan di bidang politik.

“Salah satu hak partai politik terkait dengan keuangan adalah memperoleh bantuan keuangan dari APBD sesuai dengan peraturan perundang undangan,” ujarnya.

Tampil sebagai narasumber, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Mecky Onibala, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Tomohon, Gerardus ‘Herry’ Mogi dan Kepala Badan Kesbangpol Kota Tomohon, Theodorus Paat. Peserta terdiri dari para pimpinan parpol, anggota sekretariat parpol dan tim verifikasi bantuan keuangan parpol. | VERONICA DSK