PUBLIKREPORT.com

Pelaku Money Politics Diringkus Polisi

TALAUD, publikreport.com – Satuan Tugas (Satgas) Anti money politics atau politik uang yang bertugas mengawal Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kabupaten Kepulauan Talaud berhasil meringkus dua orang terduga pelaku praktik politik uang di Desa Kalongan Tengah, Kecamatan Kalongan, Sabtu, 09 Juni 2018.

“Para pelaku diamankan setelah sebelumnya Tim Satgas menerima adanya informasi dari masyarakat tentang dugaan politik uang yang terjadi di Desa Kalongan Tengah. Informasi dari masyarakat ini kami terima sekitar pukul 13.00 WITA. Di mana ada beberapa orang yang dicurigai membagi-bagikan untuk kepentingan pemilihan bupati dan wakil bupati,” kata Kepala Kepolisian Resort (Kapolres)Talaud, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) M Denny I Situmorang SIK melalui Kepala Tim Anti Money Politics, Inspektur Dua (Ipda) Dedi Matahari yang juga adalah Kepala Unit (Kanit) IV Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Talaud.

BACA JUGA: Cegah Politik Uang di Pilkada, Polri dan KPK Bentuk Tim Khusus

Informasi masyarakat ini direspons, dan pada pukul 14.30 WITA, Satgas yang bernama Tim Khusus (Timsus) Sampiri ini melakukan penyelidikan dan bertemu dengan seorang saksi AP di rumahnya yang berada di Desa Kalongan.

“Saksi memberitahukan, bahwa PG dan HS sedang membagi-bagikanuang kepada tiga warga Desa Kalongan Tengah. Uang yang dibagikan dan diterima masing-masing sebesar Rp 50 ribu disertai satu lembar kertas surat tugas dari salah satu partai politik,” jelas Dedi.

BACA JUGA: Parpol dan Pendidikan Politik

Tim Satgas kemudian berkoordinasi dengan Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan.

“Kasus telah kita serahkan ke Panwas Kecamatan,” ungkap Dedi.

 

ALFIAN TEDDY

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Pencuri Sapi di Woloan Tertangkap

Read Next

MenPANRB: Pastikan PNS Masuk Kerja Usai Libur

Leave a Reply