James AH Rotikan, Direktur Utama PD Pasar Tomohon.
James AH Rotikan, Direktur Utama PD Pasar Tomohon.

Pembantaian Anjing Jadi Sorotan, RPH Tak Bisa Difungsikan

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Tomohon, James AH Rotikan menegaskan, pihaknya tidak bisa melarang pedagang anjing, ular berjualan di Pasar Beriman Tomohon. Apalagi sebagian besar hewan yang dijual sudah dalam kondisi sudah mati.

“Sebagian besar hewan yang dijual di pasar sudah dalam keadaaan mati. Pedagang sudah mengeksekusinya (membantai/membunuh) hewan itu dari tempat pembantaiannya,” kata James AH Rotikan.

Diakuinya, memang ada beberapa pedagang yang membantai hewan di kompleks pasar. Dan ada beberapa hewan, seperti ular yang masih hidup di pajang di lapak-lapak penjualan.

Yang jadi sorotan saat ini, James mengatakan, adalah cara eksekusi hewan terutama anjing dan kucing yang dianggap sadis. Bahkan disaksikan banyak orang terlebih anak-anak.

“Cara eksekusi hewan yang dilakukan pedagang ini sudah kita bahas. Kita akan cari jalan keluarnya. Dan memang sebaiknya pedagang tidak mengeksekusi hewan di tempat keramaian. Apalagi pasar kan adalah tempat berjualan,” ujarnya.

Perdagangan Anjing Akan Dikurangi

Leave a Reply