You are currently viewing Pembayaran Gaji Terlambat, Ini Penjelasan Kepala Dinas
Maximilianus Tielung, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut di Sangihe.

Pembayaran Gaji Terlambat, Ini Penjelasan Kepala Dinas

TAHUNA, publikreport.com – Staf dan guru Tenaga Harian Lepas (THL) di Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) yang ditugaskan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe mengeluhkan pembayaran gaji Desember 2019 yang belum terealisasi.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut di Sangihe, Maximilianus Tielung membenarkan adanya keterlambatan pembayaran gaji tersebut. Keterlambatan pembayaran ini gaji Desember 2019, menurutnya, bukan hanya di Sangihe, namun beberapa daerah di Sulut.

Masih dalam proses. Tapi saya pastikan gaji THL di Sangihe dibayarkan bersamaan gaji awal tahun 2020,” tegas Maximilianus saat dikonfirmasi Senin 27 Januari 2020.

Terjadinya penundaan pembayaran gaji THL Desember 2019, Maximilianus menjelaskan, disebabkan tak teranggarkan pada pergeseran APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Sulut 2019 dan nanti dianggarkan pada APBD 2020. Apalagi di tahun 2019 juga terdapat penambahan THL yang turut mempengaruhi anggaran yang ada. Hal lain yang turut mempengaruhi, yakni adanya perubahan penerbitan SK (Surat Keputusan) Gubernur.

“Kalau tahun-tahun sebelumnya, SK THL dikeluarkan sekali, namun ini sudah tiga tahap. Dimana tahap terakhir pada Agustus 2019, sehingga berdampak terhadap dana THL,” bebernya.

Mengenai penambahan THL, Maximilianus mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Daerah (Dindikda) Provinsi Sulut. Akan ada tambahan dana THL di APBD TA 2020.

Data real THL aktif di Sangihe sebanyak 156 orang. Jika ada SK THL baru akan ada penambahan dana THL dalam APBD,” ujarnya.  | VEBE

Leave a Reply