Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey saat meninjau Gereja Mawar Sharon Manado, bersama jajaran Forkompimda Sulut, Kamis 25 Juni 2020.
Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey saat meninjau Gereja Mawar Sharon Manado, bersama jajaran Forkompimda Sulut, Kamis 25 Juni 2020.

Pembukaan Rumah Ibadah, Harus …

MANADO, publikreport.com – “Sejak awal kan saya katakan pemerintah tidak menutup rumah ibadah. Tapi kita menganjurkan seluruh pengurus rumah ibadah melakukan kegiatan, karena menyangkut ini sudah mulai ada pembukaan. Karena mall sudah bisa orang datang. Tentu rumah ibadah juga harus boleh, tetapi dibatasi dengan semua aturan sesuai Protap (Prosedur Tetap) Covid-19 (Coronavirus Disease 2019)”

Hal ini dikatakan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey saat meninjau Gereja Mawar Sharon Manado, bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sulut, Kamis 25 Juni 2020.

Olly mempersilahkan rumah rumah ibadah dibuka, asalkan menerapkan physical distancing dengan pembatasan jumlah jemaat yang hadir dalam setiap ibadah. Selain itu dianjurkannya ada penambahan frekwensi ibadah agar seluruh jemaat dapat beribadah.

Misalnya seperti gedung ini, biasanya orang beribadah 700 orang. Saya minta paling tinggi seratus orang saja. Supaya bisa berjalan, ibadahnya diperlebar. Contoh jam enam sampai jam tujuh. Jam tujuh sampai jam delapan. Kan ibadahnya diperpanjang, begitu juga tempat-tempat lain. Makanya saya datang cek kesini, karena saya tahu Gereja Mawar Sharon ini banyak sekali jemaatnya yang datang. Jadi saya datang cek langsung jangan sampai mereka tidak siap. Seperti semula saja ibadahnya, nah itu kan repot nanti kita sendiri,” ujarnya.

Jemaat yang akan mengikuti ibadah, Olly mengimbau, supaya disiplin menerapan Protokol Covid-19, dengan menggunakan masker, physical distancing dan mencuci tangan dengan sabun.

Saya sangat mengharapkan tempat-tempat ibadah ada aktivitas. Kedua saya kira tempat-tempat ibadah itu harus sesuai dengan Protokol Covid-19 yang ada sehingga tidak menjadi cluster-cluster baru dalam penyebaran Covid-19. Yang paling penting kalau kita beribadah harus menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan jaga kesehatan, saya kira tidak ada masalah,” harapnya. | VERONICA DSK

Leave a Reply