You are currently viewing Sejumlah TPS di Dapil 1 Tomohon PSU Pemilu 2019
Suasana penghitungan surat suara Pemilu serentak 2019 di tingkatan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tomohon Timur, Senin 22 April 2019. Penghitungan surat suara di PPK Tomohon Timur ini bertempat di Balai Kantor Kelurahan Paslaten 1, Kecamatan Tomohon Timur. (foto: publikreport.com)

Sejumlah TPS di Dapil 1 Tomohon PSU Pemilu 2019

POLITIK

TOMOHON, PUBLIKRPEORTcom – Berdasarkan rekomendasi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tomohon kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, maka sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Daerah Pemilihan (Dapil) 1, Kota Tomohon bakal melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2019.

KPU Kota Tomohon saat dikonfirmasi publikreport.com terkait rekomendasi pelaksanaan PSU Pemilu ini membenarkannya.

“Ya, PSU akan dilakukan berdasarkan rekomendasi Bawaslu. Hari ini (Senin 22 April 2019, red), kami akan melakukan rapat pleno terkait pelaksanaan PSU itu,” kata Robby Golioth salah satu komisioner KPU Kota Tomohon, Senin 22 April 2019, siang. Kebetulan di ruang kerja Robby Golioth juga berada Ketua KPU Kota Tomohon, Haryanto Lasut serta dua komisioner lainnya, yakni Stenly Kowaas dan Verna Pijoh.

TPS yang akan melaksankaan PSU Pemilu 2019, menurut Robby, masing-masing TPS IV, Kelurahan Paslaten 2, Kecamatan Tomohon Timur, TPS V, Kelurahan Rurukan, Kecamatan Tomohon Timur, TPS VII, Kelurahan Woloan 2, Kecamatan Tomohon Barat dan TPS V, Kelurahan Taratara 3, Kecamatan Tomohon Barat.

“TPS IV, Kelurahan Paslaten 2 dan TPS V, Kelurahan Taratara, PSU Pemilu 2019, Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg). Sedangkan TPS V, Kelurahan Rurukan dan TPS VII, Kelurahan Woloan 2, hanya PSU Pilpres,” jelas Robby.

Kapan PSU akan dilaksanakan, Robby mengatakan, yang pasti sebelum tanggal 27 April 2019.

“Sore ini (Senin 22 April 2019, red) staf kami akan ke Jakarta untuk konsultasi terkait pelaksanaan PSU di empat TPS itu. Sekaligus menyiapkan logistik yang akan dipakai pada PSU itu nantinya. Yang pasti PSU akan dilaksanakan sebelum tanggal 27 April 2019,” ujarnya.

PSU di empat TPS ini dilaksanakan, Robby menuturkan, karena adanya permasalahan pemilih. Dimana pemilih di TPS-TPS menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk) sementara mereka sudah tidak berdomisili lagi di situ.

“Seharusnya pemilih yang menggunakan KTP, namun sudah berdomisili lagi disitu ketika akan menggunakan hak pilih harus memakai formulir A5,” bebernya.

Menyentil tentang logistik untuk PSU Pemilu 2019 ini, Robby menjelaskan, KPU akan menggunakan kertas suara khusus untuk PSU.

“Surat suara yang akan digunakan ada tanda/cap PSU. Logistik akan disiapkan KPU RI dan kami akan menjemputnya,” ujarnya. | DORANG

Leave a Reply