Kader Partai Gerindra, Fernando Alan Joshua Wowor (kanan) saat menemani Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Foto: facebook)
Kader Partai Gerindra, Fernando Alan Joshua Wowor (kanan) saat menemani Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Foto: facebook)

Pengawal Prabowo Tertembak, ini 3 Pengawal Pribadi yang Mendunia

JAKARTA, publikreport.com – Pengawal Prabowo Subianto tewas tertembak di area parkir Lipps Club Bogor pada Sabtu, 20 Januari 2017. Ia adalah kader Partai Gerindra bernama Fernando Alan Josua Wowor. Insiden ini terjadi melibatkan anggota Brimob dan hingga saat ini masih dalam proses penyelidikan.

Berbicara tentang pengawal pribadi, ada kisah unik juga mengerikan dari beberapa pengawal pribadi yang bertugas menjaga sosok terkenal dunia. Berikut Tempo rangkum tiga pengawal pribadi unik dengan cerita hidupnya.

BACA JUGA: Prabowo Akan Biayai Pemakaman dan Berikan Santunan

Anna Loginova

Mungkin Anda sudah biasa melihat seorang pengawal pribadi adalah sosok laki-laki yang gagah dan tegap. Tidak dengan ini Anna Loginova, seorang wanita kelahiran Rusia. Ia bertugas sebagai pengawal pribadi petinju kelas berat Rusia terkenal, Kostya Tszyu. Anna berparas cantik bahkan pernah menjadi gadis sampul di salah satu majalah.

Memiliki wajah cantik tidak menghalanginya menguasai ilmu bela diri. Momen darinya yang mendunia adalah potret diri Anna sedang menjaga Kostya Tszyu sambil membawa samurai. Ia meninggal di tahun 2008 secara tragis. Bukan dalam tugas penjagaan, ia meninggal akibat terseret mobil dan mengalami benturan keras di kepala saat sedang mencoba menghalau pencuri yang mencuri mobilnya.

Timothy J. McCarthy

Ia bertugas untuk menjaga mantan Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan. Tidak ada yang spesial darinya. Ia memiliki postur tubuh yang biasa saja dan perawakannya pun tidak sangar.

Namun, ada satu hal yang membuat ia disegani sebagai pengawal pribadi. Tahun 1981 ia menujukan aksi heroik dengan menjadikan dirinya perisai saat Presiden Reagan mendapat serangan tembakan. Beruntung Timothy selamat dan setelah itu ia tetap bekerja pada Secret Service (sebutan satuan unit pengawal yang bertugas langsung untuk Presiden di Amerika Serikat) hingga pensiun.

John Jairo

Bisa dibilang ia merupakan pengawal pribadi sekaligus pembunuh bayaran. John Jairo merupakan pengawal pribadi dari gembong narkoba yang mendunia, Pablo Esobar. Selain menjaga bosnya, John juga bertugas untuk mengurus segala urusan Pablo termasuk penjagaan saat transaksi narkoba.

Yang mengejutkan, diberitakan John dulunya adalah seorang polisi tetapi beberapa hari kemudian ia mengundurkan diri dengan alasan tidak mendapatkan kepuasan batin bekerja sebagai polisi. Ia juga telah membunuh kekasihnya karena dianggap sebagai informan polisi. Pemerintah Kolombia tidak menjatuhi hukuman mati terhadapnya, bahkan pada 2016 lalu ia telah dibebaskan dari penjara. | WIKIPEDIA | TELEGRAPH UK | TEMPO.co

Leave a Reply