AKBP Alam Kusuma Sari Irawan, Kapolres Kepulauan Talaud.
AKBP Alam Kusuma Sari Irawan, Kapolres Kepulauan Talaud.

Pengawasan Terhadap Orang Asing Ditingkatkan

MELONGUANE, publikreport.com – Pengawasan terhadap orang asing ditingkatkan Kepolisian Resort (Polres) Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Apalagi wilayah Polres tersebut berada di ujung utara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan berbatasan langsung dengan Negara Filipina.

Pengawasan dilakukan terhadap orang asing baik yang datang sebagai wisatawan maupun dalam rangka kepentingan usaha. Termasuk juga jika ada yang menetap sementara di Talaud,” ungkap Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kepulauan Talaud, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Alam Kusuma Sari Irawan, Kamis 06 Februari 2020, sore.

Langkah-langkah pemantauan atau deteksi dini terhadap orang asing, menurut Alam telah dilakukan, kepada mereka yang masuk ke wilayah Talaud, baik itu dari Filiopian maupun lewat penerbangan dari Manado.

BACA JUGA: Intelkam dan Imigrasi Dibekali Pengawasan Orang Asing

Pengawasan orang asing kami memaksimalkan para Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) di Polsek (Kepolisian Sektor) jajaran dan bersinergi dengan personel TNI (Tentara Nasional Indonesia), sehingga deteksi dini dapat dilakukan secara maksimal,” jelasnya.

Pengawasan itu, Alam melanjutkan, dilakukan apabila ada orang asing yang masuk ke Talaud kemudian diperiksa data-datanya, baik itu passport dan izin-izinnya, seperti izin tinggal sementara dan dokumen lainnya.

Kami hanya sebatas melakukan deteksi dini terhadap orang asing, dan terus berkoordinasi dengan pihak imigrasi. Jika didapati ada yang kurang pas, maka kita berkoordinasi untuk langkah selanjutnya, apakah nanti dipulangkan atau dideportasi,” terangnya. | VEBE

Leave a Reply