PUBLIKREPORT.com

Pengertian Desain Interior dan Eksterior

Keterangan foto: Desain Skandinavia pada interior rumah. (dekoruma)

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN: https://publikreport.com

Berikut pembahasan mengenai pengertian desain interior dan desain eksterior.

Pada masa kini ada banyak sekali topik menarik yang bisa di bahas tentang desain. Hal yang satu ini bahkan bisa berhubungan dengan desain interior dan desain eksterior sebagai salah satu komponen bangunan di sekitar. Baik desain interior maupun eksterior, keduanya tentu saja memiliki makna yang berbeda. Hal ini pun bisa Anda ketahui baik secara umum maupun menurut pendapat para ahli.

Pengertian desain interior dan eksterior secara umum

Pengertian tentang desain interior dan desain eksterior secara umum bisa memberi kemudahan bagi Anda dalam mengetahui maknanya secara global. Hal ini sering kali dijadikan sebagai salah satu rujukan mereka dalam memahami maknanya. Adapun makna dari kedua jenis desain yang berhubungan dengan bangunan seperti di bawah ini.

Pengertian desain interior

Desain interior adalah desain yang mencakup semua unsur yang ada di dalam bangunan seperti ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, dan dapur. Selain itu desain interior juga mencakup penempatan seluruh elemen tersebut, tak terkecuali elemen pendukung dengan contoh seperti furniture.

Pengertian desain eksterior

Berbeda dengan desain interior, desain eksterior mencakup semua unsur yang ada di luar bangunan yang terkena udara, angin dan hujan secara langsung. Misalnya saja seperti teras, halaman, car port, pintu, jendela, gerbang, taman dan cat dinding.

Dari pengertian desain interior dan desain eksterior secara umum seperti di atas, Anda bisa mengetahui bahwa keduanya merupakan desain yang mencakup semua unsur pada bangunan. Salah satu perbedannya terletak pada fokus desain tersebut. Desain interior berfokus pada bagian dalam bangunan, sementara desain eksterior merujuk pada bagian luar bangunan.

Pengertian menurut para ahli

Selain mengenal pengertian desain interior dan desain eksterior secara umum, ada baiknya Anda juga mengetahui definisi ini menurut pandangan beberapa ahli. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah untuk mendapat pemahaman secara menyeluruh, serta menemukan apa yang menjadi titik penting dari desain interior dan desain eksterior itu sendiri seperti berikut. Ada beberapa pengertian desain interior menurut para ahli. Berikut ini adalah beberapa definisi tersebut.

Suptandar

Desain interior adalah cara atau sistem pengaturan ruang yang bisa memenuhi persyaratan keamanan, kenyamanan, kebutuhan fisik serta spiritual, dan kepuasan untuk pemakainya tanpa mengesampingkan nilai estetika.

Ching

Desain interior yaitu merencanakan, merancang, dan menata ruang interior di dalam bangunan untuk memenuhi kebutuhan dasar sarana untuk berlindung dan bernaung, memelihara aspirasi, mengekspresikan ide, menentukan dan mengatur aktivitas.

Perbedaan desain interior dan eksterior

Setelah mengetahui pengertian desain interior dan desain eksterior seperti di atas, untuk semakin memudahkan Anda dalam memahami maknanya, maka ada juga perbedaan yang menjadi fokus utama selain penempatan keduanya. Beberapa perbedaan antara desain interior dan desain eksterior tersebut antara lain seperti berikut ini.

Fokus elemen

Desain interior berfokus pada elemen di dalam ruangan, sementara eksterior bertumpu pada fokus perancangan serta elemen pendukung seperti taman, gerbang, teras, jendela, pintu, sampai dengan cat dinding luar.

Prinsip kerja

Prinsip kerja desain interior berhubungan dengan focal point, psikologi warna, selera, estetika, keseimbangan, dan gaya. Sementara prinsip utama pada desain interior seperti model, kekuatan, dan material, meskipun gaya dan selera tetap menjadi sebuat pertimbangan untuk perancangan pada bagian luar bangunan.

Elemen desain interior dan eksterior

Ada sejumlah elemen desain interior dan desain eksterior yang ada baiknya untuk Anda tahu. Sejumlah elemen ini akan memberi kemudahan bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang menjadi komponen dan tujuannya. Sejumlah aspek tersebut antara lain seperti berikut.

Elemen desain interior

Sejumlah lemen desain interior seperti berikut ini.

Ruang tidur: kasur, bantal, guling, selimut, side table, lampu tidur, dan lemari pakaian.

Ruang tamu: kursi tamu, meja tamu, lampu sudut, lukisan, hiasan dinding, dan pot bunga.

Elemen ruang makan: kursi makan, lemari makan lampu, kulkas, vas bunga, dan wastafel.

Elemen desain eksterior

Sejumlah elemen eksterior antara lain seperti berikut ini.

Elemen arsitektur : jendela, pintu, dinding, atap, tangga, kolom, dan sebagainya.

Konstruksi: pintu gerbang dan car port.

Landscape: penerangan luar, pagar, kolam, tanaman, dan area olahraga.

Ada pun sejumlah elemen ruang untuk desain eksterior seperti di bawah ini.

Skala: berhubungan dengan kesan yang ingin ditunjukkan penampilan bangunan.

Tekstur: nilai raba dan sifatnya nyata: licin, lembut, dan kasar.

Bentuk: berhubungan dengan gaya yang akan dipakai.

Warna: memperjelas karakter obyek dan memberi aksen di bahan dan bentuknya.

Sejumlah informasi tentang pengertian desain interior dan desain eksterior dan beberapa hal lain seperti di atas telah Anda tahu. Dengan demikian, Anda pun bisa memahaminya secara lebih mendalam lagi. Sekian pembahasan mengenai pengertian desain interior dan desain eksterior. | MAKINTAHU.com

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Habis Makan Langsung Ingin BAB, Apa Penyebabnya?

Read Next

Polres Sikapi Wacana Desain STNK Kartu

Leave a Reply