You are currently viewing Pengusaha Galian C ‘Malas‘ Bayar Pajak Daerah
Aktivitas pertambangan galian c – sekarang dikenal dengan mineral bukan logam dan batuan - di kaki Gunung Lokon, Kecamatan Tomohon Utara.

Pengusaha Galian C ‘Malas‘ Bayar Pajak Daerah

TOMOHON, publikreport.com – Pengusaha galian c yang ada di Kota Tomohon disinyalir ‘malas’ membayar pajak Pemerintah Kota Tomohon. Pasalnya dari target pendapatan pajak daerah sebagaimana tertuang dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), realisasi dari pajak galian c sangat minim.

“Dari target pendapatan pajak daerah sangat minim realisasi dari sektor pajak galian c Dan ini sudah berlangsung dalam beberapa tahun anggaran,” jelas Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon, Johnson Liuw kepada publikreport.com, Kamis 31 Januari 2019.

Pajak galian c ini, menurut Johnson seharusnya dihitung dari kubikasi yang diproduksi para pengusaha. Guna mengoptimalkan pendapatan dari pajak daerah ini, Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon akan meminta data-data produksi dari para pengusaha galian c yang ada di Kota Tomohon.

“Total pengusaha/perusahaan galian c ada sekitar sepuluh. Kami akan meminta data produksi dari mereka,” ungkapnya.

Diakuinya Johnson ada oknum pengusaha yang membayar pajak galian c, namun nominalnya diduga tidak sesuai produksi perusahaannya.

BACA JUGA: Empat ‘T’ Pembayar Pajak Daerah

Leave a Reply