Penyaluran APD dan Rapid Test Dilakukan Bertahap
Jemmy Kumendong, Karo Pemerintahan dan Otda Setdaprov Sulut.

Penyaluran APD dan Rapid Test Dilakukan Bertahap

  • Post author:
  • Post category:Manado

MANADO, publikreport.com – Kepala Biro (Karo) Pemerintahan dan Otda (Otonomi Daerah) Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Sulawesi Utara (Sulut), Jemmy Kumendong menjelaskan, penyaluran bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan alat rapid test ke seluruh rumah sakit rujukan dan rumah sakit penunjang rujukan serta dinas kesehatan kabupaten/kota se-Sulut dilakukan dalam dua tahap.

Tahap pertama penyalurannya diprioritaskan ke rumah sakit rujukan dan rumah sakti penunjang rujukan baik rumah sakit pusat, rumah sakit daerah maupun rumah sakit swasta yang sebagian besar terdapat di Kota Manado. Pembagian APD tahap 1 ini sesuai dengan grafis,” jelasnya.

Pembagian APD tahap kedua akan dilakukan ke seluruh dinas kesehatn kabupaten dan kota se-Sulut. Khusus untuk Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado bantuannya, adalah APD Cover All Suit 50 buah, APD Jas Hujan 10 buah, Masker 210 dos dan sepatu boot 10 buah.

Telah dibagikan ke Dinas Kesehatan Kota Manado sebanyak 150 test Kit,” ungkapnya.

Pemerintah Provinsi Sulut, Jemmy mengatakan, mendorong bupati dan walikota se-Sulut agar melakukan pengadaan APD, terutama bagi tenaga kesehatan yang melaksanakan tugas di Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) masing-masing. Hal ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat dan yang telah dibahas dalam Rapat Koordinasi Forkompimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) provinsi dengan para bupati dan walikota bersama unsur Forkompimda kabupaten dan kota melalui video conference pada 31 Maret 2020, lalu.

Seluruh pemerintah kabupaten dan kota didorong agar menggeser dan merefocusing anggarannya sesuai dengan mekanisme Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) Nomor 20 Tahun 2029 dengan memberikan prioritas terhadap perlengkapan kesehatan yang sangat dibutuhkan dalam menangani Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) seperti pengadaan APD bagi Puskesmas,” paparnya.

BACA JUGA: Penanganan Covid-19, Gubernur Minta Laporan Bupati/Walikota se-Sulut

Leave a Reply