Peran Aktif TP PKK Sangihe Menopang Gugus Tugas Covid-19
Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kepulauan Sangihe, dipimpin Hermin Ririswati Gaghana-Katamsi menyerahkan bantuan ke rumah sakit guna mencegah penyebaran Covid-19.

Peran Aktif TP PKK Sangihe Menopang Gugus Tugas Covid-19

TITISAN luhur RA (Raden Ajeng) Kartini dalam menempatkan kaum perempuan pada kesetaraan gender diera globalisasi, direfleksikan jajaran Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Salah satunya, dengan tindakan nyata TP PKK yang yang dipimpin, Hermin Ririswati Gaghana-Katamsi, bersinergi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Berbagai kegiatan dan upaya telah dilakukan TP PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam memerangi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), antaranya pemberian bantuan beserta imbauan kepada masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah.

“TP PKK terus berinovasi membantu garda terdepan Covid-19, seperti pemberian nasi kotak kepada tenaga medis hingga cleaning service yang bertugas di rumah sakit. Termasuk pembagian masker kepada warga,” kata Hermin.

Disisi lain, Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana juga turut proaktif menyalurkan ribuan paket bantuan kepada masyarakat Sangihe yang terdampak Covid-19, seperti beras, telur, ikan dan masker serta Alat Pelindung Diri (ADP) ke rumah sakit maupun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Menurutnya, penyerahan bantuan saat ini diserahkan kepada penerima sesuai data yang ada di dinas teknis, dan tak bisa dipungkiri masih ada keluarga yang belum terdata.

Apabila masih ada warga secara kriteria tidak terdata atau belum mendapat bantuan, Jabes mempersilahan menghubungi instansi teknis.

“Pasti ada yang belum tercatat. Mereka itu diharapkan menyampaikan atau melapor ke dinas sosial atau dinas tenaga kerja untuk kita lanjutkan -menerima bantuan- pada hari-hari berikutnya,” ujar Jabes, sembari meminta masyarakat bersatu untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona dengan melakukan apa yang sudah dianjurkan pemerintah.* | VERRY B

Tinggalkan Balasan