Ilustrasi.
Ilustrasi.

Perangkat Desa Dilarang Jadi Tim Sukses

POLITIK

AIRMADIDI, publikreport.com – Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DinsosPMD) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Bobby Najoan menjelaskan, sejumlah larangan dan kebijakan yang wajib dipatuhi oleh pemerintah desa dan Badan Permusyawartan Desa (BPD). Salah satunya adalah menyangkut perangkat desa yang tidak boleh menjadi tim sukses disaat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 tahun depan. Demikian juga dilarang rangkap jabatan karena bisa menghambat pelayanan ke masyarakat.

“Jika semua itu dilanggar, maka perangkat desa akan mendapatkan teguran lisan maupun tulisan dimana sanksi paling tegas adalah pemberhentian dari jabatan,” tegas Bobby di depan kepala desa, perangkat desa dan BPD Kawangkoan Baru, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minut, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada pelatihan peningkatan kapasitas perangkat desa dan BPD di Kantor Desa Kawangkoan Baru, Jumat 25 Oktober 2019.

Pelatihan dilakukan, menurut Bobby, karena kepala desa, perangkat desa dan BPD mempunyai tugas berat dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa. Mereka dituntut untuk memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai.

Untuk menciptakan SDM yang handal, maka dilaksanakan pelatihan,” katanya.

BACA JUGA: Pilhut Desa Tontalete Ditunda, Masyarakat Protes

Leave a Reply