PUBLIKREPORT.com

Pergantian Tahun, Pesta dan Konvoi Dilarang

INGIN BERITA DIBACAKAN: https://publikreport.com

MANADO, publikreport.com – Pergantian tahun – 2020 ke 2021 -, masyarakat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diimbau merayakannya dengan sederhana, tidak melakukan arak-arakan atau konvoi, tidak menyalakan petasan dan tidak menggelar pesta.

“Jika didapati ada yang melanggar, akan memberikan peringatan. Jika tindakan peringatan tidak ditaati, aturan hukum itu ada bagaimana kita menghadapi masyarakat yang tidak menaati apa yang kita imbau kepada masyarakat,” tegas Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut), Inspektur Jenderal (Irjen) RZ Panca Putra pada konferensi pers akhir tahun 2020 di aula Catur Prasetya Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sulut, Selasa 27 Desember 2020.

Untuk pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Panca mengatakan, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) telah mengeluarkan dua maklumat, yaitu Maklumat Nomor 3/IX/2020 saat menghadapi Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak 09 Desember 2020) dan Maklumat Nomor 4/XII/2020 saat menghadapi libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Serta Surat Edaran Gubernur Provinsi Sulut tentang pelaksanaan Natal dan pergantian tahun di masa pandemi Covid-19.

“Ini harus kita patuhi bersama untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. Keselamatan rakyat adalah panglima tertinggi,” ujarnya.

Data perkembangan Covid-19 di Provinsi Sulut, menurut Panca, naik cukup signifikan dan sudah ada delapan wilayah kabupaten dan kota yang berada pada zona merah.

“Kita harapkan masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah selama malam pergantian tahun. Jaga diri kita masing-masing, jaga lingkungan dan jaga keluarga supaya kita bisa masuki malam tahun baru dalam keadaan sehat. Mudah-mudahan masyarakat bisa memahami dan mengerti dan mensukseskan itu semua,” harapnya.

TERBITKAN SURAT EDARAN NOMOR: B/2263/XXI/OPS.2/2020

Kepolisian Resort Kota (Polresta) Manado, Kepolisian Resort (Polres) Tomohon dan Minahasa Utara (Minut) diinstruksikan membentuk pos terpadu guna mencegah penyebaran Covid-19 jelang perayaan Tahun Baru 2021. Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor: B/2263/XXI/OPS.2/2020 yang ditandatangani Kepala Biro Operasi Polda Sulut, Komisaris Besar (Kombes), Desman Tarigan.

Personil gabungan lintas sektor akan berjaga di pos terpadu yang mulai beroperasi 29 Desember 2020-01 Januari 2021. Personil akan melakukan pemeriksaan kepada masyarakat, seperti suhu tubuh dan surat rapid antigen.

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Catatan Akhir Tahun

Read Next

Di Sulut, Kejahatan Transnasional Meningkat, Kejahatan Konvensional Menurun