You are currently viewing Peringatan Hardiknas di Minut
Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Jemmy Kuhu menyerahkan SK (Surat Keputusan) Pensiun kepada 3 orang pengawas dan guru, serta penghargaan kepada Dra Sherly Ferra Dayoh MPd, selaku Guru Berprestasi SD tahun 2018 tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Christian Wenas MTh MA, Guru Berprestasi SMP tahun 2018, tingkat Provinsi Sulut dan Jane Sangian MSi dan Hengki Poluan MPd yang menjadi delegasi Indonesia untuk studi di Australia. Penyerahan SK dan penghargaan ini pada peringatan Hardiknas, Kamis 02 Mei 2019 di halaman Kantor Bupati Minut.

Peringatan Hardiknas di Minut

Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis 02 Mei 2019, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) melaksanakan upacara Hardiknas dilapangan Kantor Bupati Minut. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Minut, Ir Jemmy Hengki Kuhu MA dan diikuti oleh seluruh jajaran Pemkab Minut beserta siswa SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan SMA/SMK (Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam sambutannya yang dibacakan Sekdakab, Minut Ir Jemmy Hengki Kuhu MA mengucapkan selamat Hardiknas kepada seluruh peserta upacara. “Sebagaimana kita ketahui, tanggal 02 Mei diambil dari hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara. Tokoh pahlawan nasional sekaligus Bapak Pendidikan Nasional,” katanya.

Proses belajar, menurut Jemmy, pada hakikatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kedewasaan. Dalam hal ini semakin dewasa dalam berdemokrasi. “Perlu kita ketahui bersama bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional kita. Sebab tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan maha Esa, berakhlak mulia, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab,” ujarnya.

Masyarakat, Jemmy mengajak untuk selalu bersyukur karena bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, 17 April 2019, dimana kini prosesnya masih berlanjut menuju penentuan akhir tanggaI 22 Mei 2019. “Dilihat dari sudut pandang pendidikan, di dalam Pemilihan Umum harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minut, Bernadeth Longdong MPd mengatakan, kebudayaan merupakan suatu pendidikan yang harus ditanamkan kepada penerus bangsa. “Melalui Hardiknas marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional untuk membangunan SDM (Sumber Daya Manusia) yang dilandasi karakter kuat dan ketrampilan, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman tanpa melupakan budaya daerah,” jelasnya.

Leave a Reply