Ilustrasi.
Ilustrasi.

Perlindungan Hukum Bagi Driver Ojek Online

Saya salah satu driver ojek online. Jujur saya belum tahu isi berkas dan perjanjian saat daftar sebagai driver ojek online karena pada saat perekrutan itu sangat terbatas waktunya. Apakah para driver bisa mendapat perlindungan hukum sebagai pekerja jika perjanjian diubah secara sepihak oleh perusahaan ojek online? Terima kasih.

Jawaban:

Intisari:

Hubungan hukum antara Gojek Indonesia sebagai perusahaan penyedia aplikasi dengan driver adalah hubungan kemitraan yang berdasarkan perjanjian kemitraan. Oleh karena itu, perlindungan hukum terhadap driver bukanlah perlindungan bagi pekerja seperti halnya perjanjian kerja, melainkan perlindungan sebagai pihak dalam sebuah perjanjian kemitraan.

Pada dasarnya suatu perjanjian harus disepakati oleh para pihak, termasuk jika ada perubahan juga harus dengan kata sepakat. Apabila salah satu pihak (perusahaan penyedia aplikasi) mengubah isi perjanjian kemitraan, maka tentu harus ada persetujuan dari pihak lainnya.

Anda harus melihat apakah ada klausula yang menyebutkan bahwa Anda setuju dengan segala perubahan yang akan ada di kemudian hari. Meskipun Anda tidak melihat perjanjian kemitraan Anda pada saat mendaftar, akan tetapi Anda sebagai driver ojek online tentu mengunduh aplikasi ojek online tersebut. Sebagai contoh, dalam aplikasi terbaru GO-JEK dilampirkan perjanjian kemitraan (setelah terjadi pemutakhiran aplikasi).

Pada intinya, dalam perjanjian kemitraan GO-JEK disebutkan bahwa jika Anda melakukan tindakan mengklik persetujuan secara elektronik atas perjanjian kemitraan GO-JEK, mengakses dan menggunakan aplikasi GO-JEK, itu berarti bahwa Anda telah setuju dengan perjanjian kemitraan yang terdapat dalam aplikasi. Selain itu, dengan menyetujui perjanjian kemitraan ini, berarti Anda juga telah setuju jika ada perubahan terhadap syarat dan ketentuan yang diberlakukan.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.

Ulasan:

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Hubungan Hukum

Leave a Reply