Ilustrasi.
Ilustrasi.

Permintaan Pengurangan Tagihan karena Sering Terjadi Pemadaman Listrik

PLN di daerah saya di Lampung sering sekali padam, sehari bahkan bisa 3 kali, dengan lama sekali padam bisa sampai 4 jam. Ketika konsumen terlambat membayar, diberikan surat peringatan atau bahkan pencabutan. Nah kenapa ketika pelayanan yang diberikan tidak tepat sebagaimana mestinya tidak ada kompensasi bagi konsumen? Terkesan kita konsumen PLN harus terima apa adanya. Bagaimana solusinya? Dan jika saya ingin menuntut harus ke jalur mana dulu? Terima kasih.

Jawaban:

Intisari:

Anda dapat meminta ganti rugi berupa pengurangan tagihan listrik dengan ketentuan yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan, atau Anda sebagai konsumen dapat mengajukan gugatan ganti rugi.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua pemadaman listrik akan diberikan ganti rugi berupa pengurangan tagihan listrik. Ada keadaan-keadaan tertentu yang melepaskan PT PLN dari kewajiban untuk memberikan pengurangan tagihan listrik atas pemadaman yang terjadi.

Penjelasan lebih lanjut, silakan baca ulasan di bawah ini.

Ulasan:

Ganti Rugi dalam Bentuk Pengurangan Tagihan

Sebelum menjawab pertanyaan Anda lebih lanjut, kami akan menjelaskan secara rinci mengenai PT Perusahaan Listrik Negara (“PT PLN”) yang Anda maksudkan. Pasal 56 angka 1 Undang-Undang No. 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan (“UU Ketenagalistrikan”) disebutkan bahwa:

“PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sebagai badan usaha milik negara yang dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1994 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan Umum (Perum) Listrik Negara menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) dianggap telah memiliki izin usaha penyediaan tenaga listrik.”

Yang dimaksud dengan usaha penyediaan tenaga listrik adalah pengadaan tenaga listrik meliputi pembangkitan, transmisi, distribusi, dan penjualan tenaga listrik kepada konsumen.[1] ‘Konsumen’ sendiri adalah setiap orang atau badan yang membeli tenaga listrik dari pemegang izin usaha penyediaan tenaga listrik.[2]

Leave a Reply